(STIBA.ac.id) Makassar – Dalam khotbah Jumat yang disampaikan oleh Ustaz Salahuddin Guntung, Lc., M.A., Ph.D., di Masjid Anas bin Malik, para jemaah diajak untuk merenungi pelajaran penting dari kisah sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, Tsumamah bin Utsal radhiyallahu ‘anhu tentang boikot. Ustaz Salahuddin menguraikan bagaimana tindakan Tsumamah dalam memboikot Makkah memberikan dampak besar bagi kaum Muslimin pada masa itu, dan relevansinya dalam konteks modern terhadap Israel.

Dalam khotbahnya, Ustaz Salahuddin menyebutkan bahwa Tsumamah bin Utsal yang awalnya sangat membenci Nabi Muhammad dan Islam, berbalik menjadi pembela utama setelah masuk Islam. Setelah ditawan oleh pasukan Muslim, Tsumamah menyatakan keislamannya dan menunjukkan loyalitasnya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Ia mengumumkan boikot terhadap Makkah, di mana penduduknya telah melakukan berbagai tindakan intimidasi terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beserta para sahabatnya hingga berujung hijrah ke Madinah. Sebagai bentuk boikot, ia menyatakan tidak akan mengizinkan sebiji gandum pun masuk ke Makkah sampai Rasulullah mengizinkannya.

“Wallahi, wallahi, tidak akan sampai kepadamu. Tidak akan aku biarkan sebiji gandum pun masuk ke negeri Makkah ini sampai Muhammad shallallahu alaihi wasallam mengizinkan kami kembali untuk mengirim gandum kepada penduduk Makkah,” demikian ungkap Tsumamah kepada penduduk Makkah. Sikap tegas ini menjadi salah satu proyek pertama yang beliau jalankan setelah masuk Islam.

Boikot yang dilakukan Tsumamah berlangsung selama berbulan-bulan, membuat penduduk Makkah menderita dan akhirnya melunak. Mereka pun meminta syafaat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam  agar Tsumamah mengirimkan gandum ke Makkah yang akhirnya dilakukan setelah ada izin dari Nabi.

Ustaz Salahuddin menekankan bahwa Tsumamah bin Utsal, yang baru saja masuk Islam dalam hitungan hari, sudah memberikan kontribusi besar bagi Islam dan kaum muslimin. Ini sangat berbeda dengan banyak kaum muslimin saat ini yang belum bisa mencontoh ketegasan dan keberanian Tsumamah.

“Sikap Tsumamah menunjukkan betapa al-wala’ dan al-bara’ tertanam dalam diri sahabat-sahabat Nabi. Mereka memahami konsekuensi kalimat syahadat yang bukan sekadar ucapan, tetapi juga membawa konsep loyalitas kepada kaum muslimin dan berlepas diri dari orang-orang kafir yang memusuhi Islam,” ujar Ustaz Salahuddin.

Ustaz Salahuddin menekankan bahwa Tsumamah bin Utsal, di masa-masa awal keislamannya, rela tanpa pikir panjang melakukan pemboikotan terhadap penduduk Makkah. Tindakan tersebut meskipun merugikan penduduk Najd (daerah asal Tsumamah) secara ekonomi, tidak menjadi hambatan bagi Tsumamah karena niatnya untuk menolong agama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mantan ketua STIBA Makassar ini juga mengajak umat Islam masa kini untuk meneladani tindakan Tsumamah dalam mendukung saudara-saudara di Gaza dan Palestina yang sedang mengalami penindasan.

“Saat ini, saudara-saudara kita di Gaza dibumihanguskan, dibunuh tanpa pandang bulu, bangunan mereka dihancurkan, dan bantuan kemanusiaan tidak dapat masuk karena penjajah tidak mengizinkannya,” ujar Ustaz Salahuddin.

Ia juga mengkritik perusahaan-perusahaan yang berafiliasi dengan Zionis karena turut mendanai dan memfasilitasi gerakan genosida di Palestina dan Gaza.

Salah satu hal yang sangat disayangkan, menurut Ustaz Salahuddin adalah banyaknya kaum muslimin yang masih membeli produk-produk dari perusahaan-perusahaan tersebut.

“Padahal, memboikot produk-produk yang mendukung genosida di Palestina dan Gaza adalah langkah strategis yang bisa kita lakukan demi kemaslahatan saudara-saudara kita di sana,” tegasnya.

Ustaz Salahuddin menambahkan bahwa masih banyak alternatif produk yang bisa digunakan oleh kaum muslimin sebagai pengganti produk-produk yang mendukung pendanaan gerakan genosida. Ia mengajak seluruh jemaah untuk berperan aktif dalam gerakan pemboikotan tersebut.

Saksikan selengkapnya di Kanal Youtube STIBA TV

Loading