(STIBA.ac.id) Makassar – Kemampuan menerjemahkan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh para mahasiswi. Dalam menulis penelitian, kemampuan ini menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan, terutama dalam penelitian yang banyak merujuk pada buku-buku berbahasa Arab.

Oleh karena itu, Bidang Pusat Pembinaan Al-Qur’an dan Pengembangan Bahasa Arab STIBA Makassar menyelenggarakan “الدورة التدريبية في مهارة الترجمة” (Daurah Pelatihan Keterampilan Menerjemahkan) yang sukses dilaksanakan pada Ahad, 18 Zulkaidah 1445 H (27 Mei 2024), di Gedung Ummu Salamah STIBA Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswi semester 6 dan 8.

“Mengapa kita menerjemahkan? Penerjemah adalah jembatan ilmu, senjata penaklukan Islam, dan menjadi investasi akhirat,” ujar Ustazah Armida, Lc., sebagai pemateri sekaligus Wakil Kepala Pusat Pembinaan Al-Qur’an dan Pengembangan Bahasa Arab.

Dalam kegiatan ini, peserta disajikan materi yang sangat lengkap, mulai dari pengenalan, macam-macam terjemahan, model-model penerjemahan, persiapan seorang penerjemah, hingga panduan dan tips bagi para penerjemah. Diharapkan, kegiatan ini dapat melatih para mahasiswi dalam menerjemahkan bahasa Arab, sehingga mereka dapat menulis penelitian yang merujuk pada buku-buku berbahasa Arab asli.

“Selama mengikuti daurah terjemah, kami jadi lebih memahami perbedaan struktur bahasa Indonesia dan bahasa Arab, serta menyadari betapa kayanya bahasa Arab. Dalam daurah ini, kami diajarkan cara menerjemahkan teks-teks bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dengan kata-kata yang mudah dipahami dan tidak aneh. Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan, dan daurah ini sangat membantu dalam pengerjaan proposal dan skripsi mahasiswi semester 6 dan 8. Semoga ada tindak lanjut dari kegiatan ini,” ucap Indah Sari, mahasiswi semester 8, menyampaikan kesan dan harapannya.

Reporter: Tim Humas UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar

Loading