(STIBA.ac.id) Bangka – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII pada 28-31 Mei 2024 di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Acara ini mengangkat tema “Fatwa: Panduan Keagamaan untuk Kemaslahatan Bangsa” dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting dalam dunia Islam.

Ketua Senat STIBA Makassar, Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. yang juga merupakan anggota Komisi Fatwa MUI Pusat menjadi salah satu peserta dalam kegiatan ini. Selain Ustaz Yusran, seorang alumni STIBA Makassar, Ustaz Herman Amiruddin, turut hadir sebagai anggota Komisi Fatwa MUI Manokwari. Hal ini menunjukkan kontribusi nyata alumni STIBA Makassar dalam forum penting ini.

Ustaz Muhammad Yusran menyampaikan harapannya agar kesepakatan dari setiap masalah penting yang dibahas dalam forum ini dapat menghasilkan keputusan terbaik bagi umat.

“Kami berharap keputusan-keputusan yang dihasilkan dari Ijtima Ulama ini bisa segera disosialisasikan dan menjadi panduan bagi umat Islam dalam menghadapi tantangan ke depan dan masalah-masalah yang terjadi di sekitar mereka,” ujarnya.

Sementara Ustaz Herman menekankan pentingnya peran aktif alumni dalam forum-forum yang menentukan kemaslahatan umat.

“Dalam Ijtima ini akan dihasilkan produk fatwa yang kelak menjadi panduan bagi pemerintah,” kata Ustaz Herman. Ia menambahkan bahwa alumni STIBA harus berpartisipasi aktif untuk memastikan hasil yang terbaik bagi kepentingan umat.

Foto: Dari kiri ke kanan, Herman Amiruddin, Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A., Prof. K.H. Asrorun Niam Sholeh (Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat), Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D.

Acara ini turut dihadiri oleh Pemimpin Umum Wahdah Islamiyah, Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. Beliau berada dalam Komisi A yang membahas Masalah Strategis Kebangsaan yang menunjukkan perhatiannya yang mendalam terhadap isu-isu penting yang menyangkut bangsa.

Sementara itu, Ustaz Yusran memilih untuk bergabung dengan Komisi B2 yang fokus pada pembahasan Masalah Fikih Kontemporer. Di sisi lain, Ustaz Herman berada di Komisi C yang mengkaji Masalah Peraturan dan Perundang-undangan.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, dan akan dihadiri oleh berbagai tokoh di antaranya Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla.

Loading