(STIBA.ac.id) Makassar – Kesalahan dalam penulisan surat, terutama surat-surat resmi institusi, kerap menjadi kendala bagi para pengurus organisasi. Berangkat dari permasalahan tersebut, Keputrian Dewan Mahasiswa (Dema) Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar mengadakan kegiatan Pelatihan Aplikasi Dasar Komputer (PADK) pada Ahad, 2 Juni 2024.

Bertempat di Gedung Ummu Salamah lantai 2, kegiatan ini diikuti oleh 38 peserta, mayoritas merupakan sekretaris dan bendahara organisasi. Tujuan utama pelatihan ini adalah meminimalisir kesalahan dalam penulisan surat, khususnya surat-surat resmi.

Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dan sambutan dari ketua panitia. Selanjutnya, peserta dibagi menjadi beberapa kelas dengan 10 orang per kelas untuk memudahkan proses belajar dan terpantau dengan baik oleh panitia.

Ustazah Munawara, Ustazah Andi Anugrah, Ustazah Nur Afni, dan Ustazah Andi Nanda Annisa hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Para peserta mendapatkan pengetahuan dasar mengenai aplikasi pengolah data dan angka, Microsoft Word dan Microsoft Excel.

“Kami bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini. Dari sini, kami jadi mengetahui kesalahan-kesalahan dalam penulisan surat yang selama ini kami ajukan ke bagian kemahasiswaan,” ujar salah satu peserta. “Kami juga belajar cara-cara pengelolaan keuangan dalam pembendaharaan organisasi, yang ternyata ada cara cepat perhitungan pengeluaran dan pemasukan, sehingga tidak perlu menggunakan cara manual dengan kalkulator, terutama dalam pembuatan laporan keuangan kegiatan.”

Melalui kegiatan PADK ini, diharapkan para pengurus organisasi, khususnya sekretaris dan bendahara, dapat meningkatkan kualitas penulisan surat dan pengelolaan keuangan organisasi dengan lebih baik.

Reporter: Tim Humas Jurnalistik Putri STIBA Makassar

Loading