(STIBA.ac.id) Enrekang –  Himpunan Mahasiswa Massenrempulu (Himma) STIBA Makassar yang menghimpun mahasiswa asal Kabupaten Enrekang memanfaatkan libur semester dengan mengadakan Daurah Syar’iyah di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Ibaadurrahman Wahdah Islamiyah Osso, Enrekang. Kegiatan ini berlangsung dari Selasa-Ahad (9—14/07/2024), dengan tema “Membentuk Generasi Penghafal Al-Qur’an yang Cerdas dalam Ibadah dan Berpegang Teguh pada Nilai-Nilai Tauhid.”

Seluruh santri pondok yang berjumlah sekitar 32 orang mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Dalam sambutannya pada pembukaan acara, Ustaz Fadli, pimpinan pondok, menjelaskan bahwa pondok ini baru berdiri selama dua tahun dengan dua angkatan santri. Ia juga berharap agar para mahasiswa STIBA Makassar dapat membantu pembinaan pondok setelah menyelesaikan studi mereka.

Kegiatan Daurah Syar’iyah dimulai dengan salat tahajud, diikuti tahsin dan menghafal Al-Qur’an setelah salat Subuh hingga waktu syuruk. Kemudian, dari pukul 08:00—11:30, kegiatan berlanjut dengan penyampaian materi daurah, termasuk tauhid, taharah, salat, dan puasa.

Selama enam hari, para mahasiswa Himma STIBA Makassar tidak hanya bertindak sebagai panitia tetapi juga sebagai pengisi materi daurah. Kegiatan ini ditutup oleh Ketua DPD Enrekang, Ustaz Hasan Huda, yang mengapresiasi dedikasi mahasiswa Himma STIBA Makassar dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Alumni STIBA Makassar tersebut juga menyampaikan nasihat kepada mahasiswa dan santri untuk selalu berbakti kepada orang tua dan memiliki semangat yang besar untuk menjadi penghafal Al-Qur’an.

Di akhir sambutannya, Ustaz Hasan Huda berharap agar para santri dapat mengamalkan setiap materi yang telah diberikan dan kelak bisa memberi manfaat bagi umat.

Reporter: M. Agus Suprianto

Loading