(STIBA.ac.id) Makassar –  Silaturahmi hangat terjalin di STIBA Makassar saat para kader Wahdah Islamiyah yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri berkumpul dalam acara Liqo’ Ukhawi. Acara yang terselenggara atas kolaborasi antara Departemen Urusan Luar Negeri Wahdah Islamiyah dan Bagian Pemberdayaan Alumni STIBA Makassar mengusung tema “Bersama Menyongsong Peradaban Umat”. Dihadiri oleh sekitar 60 peserta dan berlangsung di STIBA Makassar, juga secara daring via Zoom.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antara mahasiswa dan para asatizah di STIBA Makassar, serta untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa luar negeri.

Para pembicara yang terdiri dari para tokoh sentral di Wahdah Islamiyah dan STIBA Makassar, memberikan wawasan yang mendalam mengenai berbagai isu kontemporer yang dihadapi oleh mahasiswa luar negeri.

Ketiga pembicara tersebut adalah Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah sekaligus Ketua Senat STIBA Makassar; Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D., Wakil Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah dan Ketua STIBA Makassar; serta Ustaz Salahuddin Guntung, Lc., M.A., Ph.D., Ketua Komisi Pemikiran di Dewan Syariah Wahdah Islamiyah, sekaligus dosen di STIBA Makassar.

Selain pengarahan dan nasihat, acara ini juga disertai sesi diskusi dan tanya jawab mengenai berbagai tantangan yang dihadapi mahasiswa luar negeri.

Acara dimulai pukul 10.00 Wita dan berakhir pukul 15.00 Wita. Sesi pertama dibuka oleh Ustaz Akhmad Hanafi yang memperkenalkan gambaran umum institusi STIBA Makassar serta visi masa depannya. Sesi kedua disampaikan oleh Ustaz Muhammad Yusran Anshar yang menyampaikan tiga nasihat penting, termasuk mengenai pentingnya ilmu dan cara memanfaatkannya. Sesi ketiga dibawakan oleh Ustaz Salahuddin Guntung yang menekankan pentingnya membangkitkan semangat tarbiah dalam diri mahasiswa dan menjadikan tarbiah sebagai elemen penting dalam program-program yang dijalankan mahasiswa di luar negeri.

Salah satu topik yang paling menarik perhatian adalah tentang pentingnya menjaga semangat tarbiah, peningkatan komunikasi, dan upaya menghilangkan sekat antarmahasiswa.

Acara ini ditutup dengan sesi minum kopi bersama dan tanya jawab di Tamam Corner, kafe di STIBA Makassar, serta  ditutup dengan foto bersama.

Reporter: Ridho Zayn

Loading