(STIBA.ac.id) Makassar –  STIBA Makassar menggelar Silaturahmi Virtual Civitas Academica, Ahad (14/06/2020). Acara yang diselenggarakan secara daring tersebut juga dihadiri oleh para orang tua mahasiswa.

Memanfaatkan momen berkumpulnya orang tua mahasiswa ini, Ketua Senat STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. menyampaikan nasihat-nasihat khusus bagi mereka. Ia menyampaikan kabar gembira bahwa orang tua yang anaknya kuliah di STIBA adalah orang-orang yang telah dipilih oleh Allah.

“Kami jamin Bapak-Bapak tidak salah ketika memasukkan anak-anak ke STIBA. Meskipun selama ini, barangkali mereka belum pernah mengirimkan uang penghasilan mereka kepada orang tuanya. Namun insya Allah, ketaatan-ketaatan mereka selama belajar di STIBA, ketika mereka paham Alquran dan hadis, bahkan mereka sekadar belajar, itu sudah jadi investasi akhirat,” terang Ustaz Yusran memotivasi para orang tua mahasiswa.

Menurut mantan ketua STIBA Makassar ini, orang tua sekadar merelakan dan mengizinkan anaknya menuntut ilmu, lalu anaknya itu yang mencari nafkah untuk membiayai kuliahnya sendiri, itu pun sudah jadi investasi akhirat bagi orang tuanya.

“Bagaimana lagi jika Anda mengupayakan dana untuk menunjang kuliah mereka, maka itu jadi investasi besar Anda di akhirat. Mereka memang tidak mengirimkan harta tapi Insya Allah pahala-pahala akhirat yang telah mereka kirimkan untuk Anda,” ujar Ustaz Yusran sembari mengajak para orang tua agar terus menguatkan anak-anak mereka untuk giat belajar.

Harapan terbesar orang tua terhadap anak-anaknya adalah mereka menjadi anak-anak saleh.

“Mungkin di kuburan barulah kita akan mulai merasakan manfaatnya. Di akhirat mungkin kita tidak menyangka akan mendapatkan nikmat yang besar karena kita adalah orang yang ibadah dan amal salehnya biasa-biasa saja, tapi ternyata itu adalah buah dari upaya kita mendidik anak-anak kita,” kata Ustaz Yusran.

“Mungkin kebersamaan kita dengan anak-anak kita hanya lima puluh tahunan kalau kita ditakdirkan berusia panjang. Jika Allah mengumpulkan kita bersama mereka di hari kiamat kelak maka itulah kemenangan kita.”

Ustaz Yusran kemudian mengutip firman Allah,

 جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ وَالمَلاَئِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِم مِّن كُلِّ بَابٍ ﴿٢٣﴾ سَلاَمٌ عَلَيْكُم بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ ﴿٢٤

“(Yaitu) surga `Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan): “Salamun `alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. 23-24).

Loading

Tinggalkan Balasan