kulper

Kuliah Perdana STIBA Makassar Semester Ganjil TA. 1435—1436 H/2014—2015 M yang baru-baru ini digelar di Kampus STIBA Putri menghadirkan Ustadz Bachtiar Nasir, Lc., M.A. sebagai narasumber.

Dalam Kuliah Umumnya, Sekjen MIUMI Pusat ini mengajak para mahasiswa STIBA untuk mulai “sadar media” dalam menyampaikan dakwahnya. Masyarakat Indonesia yang menjadi obyek dakwah Islam, kini sudah terlanjur mengenal dunia informasi modern yang sudah sedemikian canggihnya.

“Jika kita tidak mampu tampil secara representatif di berbagai media komunikasi yang canggih itu, maka dakwah Islam kita bisa ditinggalkan oleh umat kita sendiri,” tegasnya sebagaimana dilansir oleh Arrahmah.com.

Ustadz Bachtiar memberi contoh pada pengalaman seorang syaikh dari Arab Saudi yang suatu saat tampil dalam sebuah tabligh akbar di Masjid Istiqlal. Menurut Syaikh tersebut ketika tampil menyampaikan tausiyah, tutur Pimpinan AQL Islamic Center ini, yang menjadi konsentrasi perhatiannya adalah di mana letak kamera televisi. Karena audiens yang menyaksikan dia melalui kamera televisi itu jauh lebih besar jumlahnya dibanding jamaah yang hadir langsung di lokasi. Sehingga Syaikh tersebut selalu sadar untuk menatap kamera, agar terbangun interaksi antara dia dengan masyarakat luas yang mengikuti dakwahnya.

Sehingga, lanjut Ustadz Bachtiar yang akrab disapa Abi Bachtiar dalam program Hafizh Qur’an Trans7, jika selama ini ia tampil di sejumlah media televisi mainstream, ia juga harus bisa menerima masukan dari tim kreatif televisi yang bekerjasama dengannya. Sejauh materi dari ilmu-ilmu keislaman yang akan disampaikannya tidak melenceng dari ketentuan aqidah dan syariat.

“Konten harus baik dan benar, konsep kreatif serta penampilan kita juga harus bisa dinikmati masyarakat luas,” tandasnya.

Dia juga menjelaskan tentang peta akhir zaman yang bersumber pada al-Qur’an dan hadist, dalam membaca peta politik internasional saat ini. Termasuk tentang isu ISIS (Islamic State of Iraq & Syam) yang keberadaannya di Suriah sempat dihebohkan di Indonesia.

Ustadz Bachtiar Nasir berpesan, agar para calon da’i dan ulama yang akan lahir dari STIBA, tidak terpancing pada isu-isu yang disebarkan oleh musuh-musuh Islam. “Kita harus bijak menilai informasi yang kita terima lewat media sosial yang ada,” katanya.

Karenanya, lanjut dia, umat Islam harus berpegang pada pendapat ulama yang ada, ketika menerima atau mendapat informasi yang tergolong sensitif. “Jangan bertindak sendiri dan terburu-buru bereaksi, agar umat tidak dimanfaatkan oleh musuh-musuh Islam yang ingin menghacurkan citra Islam,” tandasnya.

Loading

Tinggalkan Balasan