uqs1

STIBA Makassar-Jumat, 4 Muharram 1437 H.

Mengawali tahun Hijriah 1437, Departemen Dakwah dan Kaderisasi BEM mengadakan kegiatan Tarbiyah Gabungan antar halaqah internal kampus di masjid Anas bin Malik STIBA. Acara yang bertema ‘Dengan Tarbiyah Kita Cetak Insan Mujahid Berilmu’ ini juga dirangkaikan dengan kegiatan mabit bersama.

Dimulai pukul 20.30 Wita dengan penyampaian-penyampaian dan sosialisasi dari para ketua BEM, Asrama, dan P2B. Selanjutnya acara dibuka dengan sambutan dari perwakilan Departemen Dakwah dan Kaderisasi BEM oleh Kamil Anggengan yang menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini salah satunya adalah untuk mempererat ukhuwah antara mahasiswa. Kemudian acara diteruskan dengan penyampaian materi.

Pada kesempatan ini narasumber, Ustadz Ir. M. Qosim Saguni, M.A. menyampaikan tentang pentingnya tarbiyah. Beliau menyampaikan, bahwa generasi terbaik yakni generasi para sahabat, datang dengan berbagai karakter, latar belakang dan masa lalu yang bermacam-macam. Dengan tarbiyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, potensi yang ada pada diri mereka diarahkan dan dimaksimalkan sehingga menjadi generasi terbaik sebagaimana yang kita kenal.

Sebagaimana yang Allah Subhanahu wa Ta’ala  firmankan dalam surah asy-Syams, bahwa dalam diri manusia telah diilhamkan untuk bisa membedakan keburukan dan ketakwaan. Tarbiyah menjadi penting karena kegiatan ini akan memotivasi kita untuk selalu melakukan ketakwaan. Tarbiyah juga akan menumbuhkan, mengembangkan, mengantarkan, dan meledakkan potensi-potensi positif dalam diri kita.

Tarbiyah juga menjadi penting karena keimanan kita adakalanya menurun. Tarbiyah menjadi semacam charger ketika kondisi keimanan kita lemah. Hal ini bisa kita rasakan langsung dari kegiatan-kegiatan tarbiyah seperti membaca al Qur’an, menghafal dan mentadabburi kalamullah dan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dan saling nasihat-menasihati sehingga membantu kita menjaga atau mengembalikan kondisi keimanan.

Materi tarbiyah malam itu selesai pada pukul 22.30 Wita kemudian dilanjutkan dengan acara mabit bersama. Pada pukul 03.30 dini hari, peserta tarbiyah gabungan dibangunkan untuk bersama-sama menegakkan shalat malam berjamaah hingga tiba waktu Subuh. Selesai shalat Subuh, acara dilanjutkan dengan halaqah hafalan Qur’an dan hadits Kitabul Jami’. Mengakhiri rangkaian acara tarbiyah gabungan pagi itu, Ketua STIBA Makassar, Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. menyampaikan beberapa nasihat.

Dalam penutupannya, beliau mengingatkan bahwa kita memiliki amanah untuk mengangkat kembali agama ini setelah sempat ditinggikan oleh generasi salafusshaleh dahulu. Sebagaimana hadits RasuluLlah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa Islam itu tinggi dan seharusnya tidak ada yang mengalahkan ketinggiannya, satu hal yang tidak lagi kita saksikan hari ini. Bahkan syariat-syariat Islam semakin asing pada diri umat Islam sendiri.

Dan memang begitulah kondisi di akhir zaman, bahwa Islam akan menjadi asing. Hanya orang-orang yang Allah Subhanahu wa Ta’ala pilih yang senantiasa berupaya mengangkat agama ini. Mereka disebut thaifah manshurah, dan merekalah ahlussunnah wal jamaah, orang-orang yang konsisten dengan ajaran RasuluLlah shallallahu ‘alaihi wasallam. Mereka tidak sekadar berislam utk dirinya sendiri tetapi juga aktif terlibat mengangkat agama Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mereka berkontribusi dalam memperjuangkan agama Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan berjihad fii sabiliLlah.

Beliau juga menyampaikan nasihatnya agar kita memperbarui komitmen mengurus agama Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena kehadiran kita di bumi ini memang untuk urusan besar yang merupakan urusan terpenting dalam hidup ini, yaitu Islam itu sendiri. Untuk itu, sebagai thullabul ‘ilmi harusnya kita bermujahadah. Keletihan di dalamnya juga dalam ketaqwaan hanyalah sementara, dan kenikmatannya akan kekal selamanya. Sebaliknya, kenikmatan dalam kemalasan dan maksiat hanyalah sementara, dan penyesalannya yang akan kekal tertinggal selamanya.

Menutup nasihatnya, ustadz Yusran Anshar mengajak para peserta Tarbiyah Gabungan untuk senantiasa mengingat dan mendoakan kaum muslimin terutama yang sedang dalam medan jihad seperti di Palestina dan Suriah, juga tempat-tempat lain di mana saja umat Islam sedang berjuang menegakkan agama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Alhamdulillah, acara tarbiyah gabungan yang dirangkaikan dengan mabit bersama di Masjid Anas Bin Malik STIBA berjalan dengan lancar hingga selesainya pada pukul 06.15 Wita. Semoga banyak manfaat dan pengalaman yang bisa didapatkan para peserta. (Habib-Infokom BEM STIBA).

uqs31

Foto: Ustadz Ir. Muhammad Qasim Saguni, M.M. narasumber Tarbiah dan Mabit Gabungan mahasiswa STIBA Makassar di Masjid Anas bin Malik yang masih dalam tahap penyelesaian.

targab2

Foto: Peserta Tarbiah dan Mabit Gabungan meninggalkan masjid setelah berakhirnya rangkaian acara.

 

Loading

Tinggalkan Balasan