(STIBA.ac.id) Makassar –  Dalam rangka meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menerjemahkan kitab, P3B STIBA Makassar menyelenggarakan Daurah Penerjemahan Arab-Indonesia yang dilaksanakan di masjid Anas bin Malik STIBA Makassar, Ahad (24/11/2019).

“Tujuannya agar para mahasiswa memiliki keterampilan menerjemahkan yang baik dan sesuai dengan maksud dan amanah dari penulis buku tersebut,” ujar Danang Panji Utomo selaku ketua UKK P3B STIBA Makassar.

Daurah yang diikuti oleh kurang lebih 50 mahasiswa dari semester lima dan tujuh ini ditanggapi oleh Ustaz Sirajuddin Qasim. Menurutnya acara ini adalah acara yang sangat bermanfaat serta bisa menjadi bekal untuk berdakwah ke depannya.

Ustaz Dr. Muhammad Ihsan Zainuddin, Lc., M.Si. selaku pemateri pada daurah ini menjelaskan bahwa dibutuhkan keikhlasan untuk menjadi penerjemah.

“Penerjemah adalah pekerjaan yang sunyi, maksudnya sunyi dari ketenaran dan ujub,” ujar beliau.

Para mahasiswa yang telah mengikuti daurah ini diharapkan bisa mengamalkan apa yang telah dipelajari dari daurah ini yaitu cara menerjemahkan kitab dengan baik dan benar.

“Ikhwah yang sudah tahu teori-teori dan ilmunya untuk memperbanyak praktik dengan menerapkan kiat terakhir dari poemateri yaitu “Just Do It”, atau memulai banyak membaca dan terus mengasah kemampuan menerjemahkannya,” ujar Danang.

Laporan : Shiddiq Abdillah

Loading

Tinggalkan Balasan