(STIBA.ac.id) Makassar –  Reuni alumni STIBA Makassar berlangsung semarak. Betapa tidak, ratusan alumni yang tersebar di berbagai pelosok tanah air hingga luar negeri hadir dalam kegiatan yang berlangsung virtual pada Ahad (28/06/2020).

Tak hanya alumni, para dosen, ketua STIBA, hingga enam mantan ketua STIBA Makassar juga terlibat memeriahkan reuni virtual ini.

Ketua pertama STIBA Makassar (periode 1998-1999) Ustaz Muhammad Ikhwan Abdul Djalil menyampaikan sambutan pertama sekaligus membuka reuni secara resmi. Tema yang dibawakan “Barakan Ukhuwah dan Tekad Perjuangan”. Disusul tausiah dari  Ustaz Ahmad Hanafi Dain Junta, Ketua STIBA saat ini (ke-7), periode 2019-2024. Ustaz Ahmad membawakan tema tentang “STIBA Makassar dari Masa ke Masa”.

Ustaz Muhammad Ihsan Zainuddin, Ketua STIBA Makassar kedua periode 1999-2000 turut menyampaikan beberapa nasihat dan motivasi bagi peserta reuni. Tema penyampaiannya tentang “Motivasi Itu Bernama Kenangan Duniawi dan Kerinduan Ukhrawi.”

Ketua STIBA ke-3 yaitu Ustaz Muhammad Yani Abdul Karim yang memimpin STIBA selama 2000-2006, mendapat giliran selanjutnya. Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Yani menyampaikan pembahasan terkait tema “Totalitas Perjuangan di Medan Dakwah”.

Dari Kota Riyadh Saudi Arabia, mantan Ketua STIBA Makassar ke-4 periode 2006-2008 turut meramaikan reuni. Ustaz Salahuddin Guntung menyampaikan tema tentang “Tugas Pokok dan Fungsi serta Peran Ikatan Alumni STIBA Makassar di Era New Normal”.

Reuni alumni ini semakin semarak dengan kehadiran mantan Ketua STIBA Makassar kelima Ustaz Ilham Jaya Abdurrauf. Ustaz Ilham memimpin STIBA periode 2008-2009. Tausiah yang dibawakannya bertema “Rawat Bara Kebangkitan Umat dengan Dakwah dan Tarbiyah”.

“Mulai dari STIBA dan Finis di Surga (Min Huna Nabda’ wa fil Jannati Naltaqi Insya Allah) adalah tema tausiah terakhir. Tausiah ini disampaikan oleh mantan ketua STIBA keenam dan paling lama memimpin (2009—2019) yaitu Ustaz Ustadz Muhammad Yusran Anshar.

Di penghujung acara reuni, Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah Ustaz Muhammad Zaitun Rasmin berkenan bergabung dengan para peserta alumni. Kehadiran Ustaz Zaitun tersebut dimanfaatkan panitia pelaksana dengan meminta Ustaz Zaitun untuk menyampaikan beberapa nasihat.

Ustaz Zaitun mengajak kepada seluruh alumni untuk memadukan antara ilmu dan adab. Kedua hal ini merupakan unsur utama dalam pembentukan kader perjuangan apalagi ulama. Bahkan sejak dari zaman sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, ilmu dan adab selalu jadi kebanggaan mereka dan menjadi tujuan serta modal di dalam perjuangan.

Ustaz Dr. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. (Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah)

Loading

Tinggalkan Balasan