IMG_1192

MediaKALLA.com – Yayasan Kalla kembali mengadakan kegiatan “Kalla Group Goes to Campus”  di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar, Sabtu (23/5). Kegiatan yang menghadirkan dua orang Direksi Kalla Group yakni Sjaiful Kasim, Direktur Keuangan PT. Bumi Karsa, salah satu anak perusahaan Kalla Group yang bergerak di bidang konstruksi dan Ir. Syamril, M.Pd. Koordinator Yayasan Kalla dan Kepala SDM Kalla Group. Kegiatan yang dihadiri seluruh mahasiswa dan mahasiswi STIBA ini mengambil tema “Leadership di Era Modern”.

Pembantu Ketua III bidang Kemahasiswaan STIBA, Ir. Muh. Taufan Djufri, Lc. M.H.I. yang membuka kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini digagas dalam rangka mempersiapkan mahasiswa STIBA untuk menjadi pemimpin, “Alumni-alumni STIBA selain harus memiliki karakter islami dan ilmu yang mumpuni, mereka juga perlu memiliki jiwa kepemimpinan sebab mereka setelah selesai kuliah diharapkan dapat menjadi pemimpin di tengah umat,” tutur  Ustadz Taufan. Untuk itu, Ustadz Taufan berharap agar Direksi Kalla Group dapat menularkan ilmu-ilmu seputar kepemimpinan kepada mahasiswa STIBA yang sangat mereka perlukan kelak.

Sementara itu, Syamril mengatakan bahwa pemimpin yang baik harus memiliki setidaknya 5 kriteria yakniSpiritual, Emotional, Tactical, Intelectual  dan Aspirasi Quotient yang disingkat dengan SETIA “Spiritual berkaitan dengan misi, Aspirasi berkaitan dengan misi, Intellectual itu tentang kemampuan memecahkan masalah, Tactical  tentang kemampuan menemukan metode pemecahan masalah dan Emotion itu adalah kemampuan untuk bertahan mengatasi masalah. Kelima hal ini harus dijiwai setiap pemimpin,” ujarnya. Mantan aktivis dakwah Masjid Salman ini menambahkan, terkait dengan ketahanan menghadapi masalah, ada tiga tipe pemimpin yakni tipe wortel, telur dan kopi.  Ketiga bahan ini jika dimasukkan ke dalam air panas yang diibaratkan sebagai masalah akan mengalami perubahan yang berbeda, “Pemimpin yang bertipe wortel yang semula keras jika dimasukkan ke dalam air panas akan menjadi lembek yang artinya kalah oleh situasi, lalu yang bertipe telur akan menjadi keras, yang diartikan bertahan dengan situasi tapi yang paling baik adalah kopi sebab ia tidak hanya menjadikan air panas tersebut berubah warna namun juga menjadi harum dan nikmat yang diartikan pemimpin bertipe ini tidak hanya berhasil memenangi situasi namun juga menjadikannya lebih baik dari sebelumnya,” kata Syamril.

Senada dengan Syamril, Sjaiful Kasim mengatakan ukuran pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu memengaruhi orang-orang di bawahnya dan di sekitarnya untuk mencapai suatu tujuan, “Tidak selamanya Anda semua akan berada di STIBA. Suatu saat nanti Anda harus kembali ke masyarakat dan berhadapan dengan realitas yang mempertaruhkan idealisme Anda.” Kata aktivis salah satu parpol Islam ini. Sjaiful berpesan agar mahasiswa  STIBA banyak belajar dari pemimpin Islam yang bisa diteladani, “Belajarlah menjadi pemimpin yang bisa merespon realitas dan membuatnya menjadi perubahan yang lebih baik,” tutupnya.

IMG_1187

 

Loading

Tinggalkan Balasan