(STIBA.ac.id) Makassar –  Mengawali perkuliahan di Semester Genap TA. 1440—1441 H/2019—2020 M, STIBA Makassar mengadakan Kuliah Perdana. Kegiatan yang berlangsung di Masjid Anas bin Malik, Senin (30/12/2019) ini dihadiri seluruh mahasiswa, dosen, dan pengelola.

Pentingnya menjaga amanah menjadi inti materi sambutan yang dibawakan Ketua STIBA Makassar Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. Ia menguraikan beberapa ayat dalam Surah al-Mu’minun yang menyebutkan ciri-ciri orang beriman.

Salah satu yang disebutkan oleh Ustaz Ahmad adalah sifat menjaga amanah dan menepati janji. 

“Kita sedang berada pada sebuah proses menjalani sebuah amanah. Mahasiswa memikul amanah untuk belajar dengan tekun. Di sisi lain para dosen diberikan amanah untuk mengajar, membimbing, menarbiah. Sementara pengelola mengemban amanah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para mahasiswa kita. Maka tunaikan amanah itu dengan sebaik-baiknya,” tegas Ustaz Ahmad.

Wakil Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini menambahkan, “Kepada mahasiswa, posisi Antum sekarang ini adalah sebagai mahasiswa, maka tunaikan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Lakukan hal terbaik untuk mewujudkan amanah dan tanggung jawab Antum. Kerahkan segala potensi yang Antum miliki, mumpung masih diberi kesempatan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” ujarnya. 

Ia kemudian mengutip beberapa perkataan ulama terkait pentingnya bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Ahmad kembali menegaskan akan menerapkan aturan kewajiban tinggal di asrama bagi mahasiswa yang tidak memiliki kepentingan darurat untuk tinggal di luar asrama.

Sebagai penutup, Ustaz Ahmad mengatakan bahwa sebagaimana mahasiswa masuk ke STIBA memiliki harapan, maka pengelola pun demikian. Maka harapan-harapan ke dua belah pihak itu harus dipertemukan. Harapan-harapan ini, kata Ustaz Ahmad, harus dibangun dengan dialog atau komunikasi.

Sebab, menurutnya bisa saja kedua belah pihak punya harapan tapi gagal untuk saling memahami.

Karena itu, di samping adanya harapan dan komunikasi yang intens, sisi lain yang tidak kalah pentingnya adalah saling memahami.

Sementara Ustaz Dr. Khairul Aqbar, M.A. sebagai narasumber dalam Kuliah Perdana ini membawakan materi tentang Peluang dan Tantangan Literasi, Perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Peningkatan Research & Development Bidang Ekonomi Syariah di Indonesia.

Dr. Khairul Akbar, S.Pd., M.E.I. saat membawakan materi Kuliah Perdana di STIBA Makassar

Foto: Infokom Dema

Loading

Tinggalkan Balasan