(STIBA.ac.id) Makassar – Indonesia kembali kehilangan salah seorang putra tebaiknya.
Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. (lahir di Bukittinggi, Sumatera Tengah, 22 September 1956) tutup usia pada umurnya yang ke-63 tahun. Usia yang sama dengan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, Abu Bakar dan Umar bin Khaththab radiallahu anhuma.

Kepergian ulama yang dikenal sebagai sosok bijak ini menimbulkan duka mendalam dari kaum muslimin Indonesia, khususnya para duat yang mengenal sepak terjangnya. Ketua STIBA Makassar Ustaz Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. turut mengungkapkan rasa kehilangannya.

“Bangsa Indonesia kehilangan seorang ulama dan seorang tokoh panutan yang bersahaja. Beliau sosok menggabungkan antara kedalaman ilmu dan ketawadhuan serta keluasan wawasan.”

Doa untuk Prof. Yunahar pun ia panjatkan, “Semoga rahmat Allah dan magfirah-Nya senantiasa tercurah kepada beliau.”
Demikian ucapan belasungkawa Ustaz Ahmad dalam pesan singkatnya.

Tahun 2015 silam, Prof. Yunahar sempat berkunjung ke STIBA Makassar. Di Masjid Anas bin Malik yang pembangunannya belum rampung kala itu, ia memberikan tausiah berharga kepada civitas akademika STIBA Makassar.

Dukungan terhadap keberadaan STIBA pun ia tuangkan dalam selembar testimoni. Ia mengatakan dalam testimoninya, “STIBA Makassar, Ma’had ‘Aly yang memadukan pendidikan akademis, pembinaan kepribadian, dan memupuk semangat yang ditopang penguasaan bahasa Arab. Sehingga diharapkan dapat melahirkan ulama pejuang pemimpin umat.”

Prof. Yunahar Ilyas adalah seorang pengajar dan ulama Indonesia dari Muhammadiyah. Ia menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Sejak masuk Muhammadiyah pada tahun 1986 sudah banyak jabatan dalam organisasi yang diembannya.
Pada periode 2000-2005 ia pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah. Selanjutnya menjabat sebagai salah satu Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah untuk periode 2005-2010; 2010-2015 dan 2015-2020.

Sedangkan dalam kesehariannya, sejak tahun 1987 ia bekerja sebagai Guru Besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Rahimahullah rahmatan wasi’ah.

Lembar testimoni Prof. Dr. Yunahar Ilyas rahimahullah

Loading

Tinggalkan Balasan