(STIBA.ac.id) Makassar –  Gerhana matahari cincin adalah salah satu fenomena alam yang jarang terjadi. Dalam Islam, ketika gerhana terjadi maka disyariatkan untuk melaksanakan salat Kusuf.

Gerhana matahari yang dapat disaksikan dari beberapa daerah di tanah air juga melintasi wilayah Kota Makassar. Di Masjid Anas bin Malik Kampus STIBA Makassar salat gerhana dilaksanakan setelah salat Zuhur dan salat Jenazah.

Muhammad Nurul Falaq, salah seorang mahasiswa STIBA peraih Juara II Musabaqah Hifzhul Qur’an Tajul Waqar di Kuala Lumpur Malaysia bertindak selaku imam. Ia menyelesaikan juz 15 dalam dua rakaat panjang.

Rangkaian terakhir dari salat Kusuf ini adalah khotbah yang disampaikan oleh Ustaz Fadlan Akbar, Lc., M.H.I. Ia mengajak segenap jamaah untuk meresapi hikmah di balik peristiwa alam berupa gerhana matahari tersebut.

Ternyata, kata Ustaz Fadlan, gerhana itu terjadi hanya untuk menimbulkan rasa takut orang-orang yang menyaksikannya. Kata Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, hanya saja gerhana itu terjadi agar Allah menakuti hamba-Nya.

Dalam ayat yang dibaca oleh imam, terdapat ayat yang berbunyi,

”Dan sekali-kali tidak ada yang menghalangi Kami untuk mengirimkan (kepadamu) tanda-tanda (kekuasaan Kami), melainkan karena tanda-tanda itu telah didustakan oleh orang-orang dahulu. Dan telah kami berikan kepada Tsamud unta betina itu (sebagai mu`jizat) yang dapat dilihat, tetapi mereka menganiaya unta betina itu. Dan Kami tidak memberi tanda-tanda itu melainkan untuk menakuti.” (QS. Al-Isra’: 59).

“Maka seharusnya yang hadir di jiwa kita ketika melihat fenomena itu adalah takut kepada Allah. Bukan tertawa-tertawa. Selfie di mana-mana. Rasa takut itu seharusnya membawa kita berdoa kepada Allah,” ujarnya.

Masjid Anas bin Malik sejak lama telah menjadi masjid yang rutin melaksanakan salat gerhana selama gerhana itu dapat disaksikan. Tak hanya warga kampus, masyarakat sekitar pun banyak yang memilih salat di masjid ini.

Loading

Tinggalkan Balasan