(STIBA.ac.id) Makassar –  Penyebaran virus Covid-19 yang kian merebak, memaksa pimpinan STIBA Makassar untuk bertindak cepat menghentikan perkuliahan tatap muka di kampus. Mahasiswa dibolehkan pulang kampung, sementara perkuliahan akan dilakukan secara daring atau metode lain yang disepakati.

Makassar sendiri belum mengomfirmasi ada warganya yang terinfeksi virus yang telah merenggut nyawa ribuan orang ini. Hal ini juga menjadi alasan STIBA tidak menghalangi mahasiswanya yang akan kembali ke daerahnya masing-masing, kecuali daerah yang telah dinyatakan terpapar virus Covid-19.

Keputusan penghentian sementara perkuliahan secara tatap muka ini disampaikan secara resmi oleh Ketua STIBA Makassar Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. dalam Liqo Maftuh (Pertemuan Terbuka) dengan seluruh mahasiswa, dosen, dan pengelola di Masjid Anas bin Malik, Senin (16/03/2020).

 Di akhir Liqo’ Maftuh, Ketua Senat STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. menyampaikan tausiah kepada seluruh civitas akademika. Ia mengatakan bahwa selama dua pekan ke depan warga kampus STIBA akan mengalami hal yang berbeda. Namun sebagai hamba Allah apalagi yang berpaham ahlussunnah waljamaah, tentu akan menggabungkan antara tawakkal dan ikhtiar.

Ustaz Yusran mengutip firman Allah, “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d: 11).

“Jadi dua pekan itu bukan masa penantian kita, tapi usaha untuk melakukan perubahan,” ungkap Ustaz Yusran.

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah itu mengajak segenap warga kampus agar memanfaatkan hari-hari selama dua pekan itu untuk mengubah diri dengan sebaik-baiknya. Sebab, kata Ustaz Yusran,

“Jika Allah mengetahui ada kebaikan dalam hatimu, niscaya Dia akan memberikan kepadamu yang lebih baik dari apa yang telah diambil daripadamu dan Dia akan mengampuni kamu”. (QS. Al-Anfal: 70).

Ustaz Yusran mengimbau agar menghindari menyebarkan informasi-informasi yang tidak jelas kebenarannya. Lebih banyak menyebarkan video-video pencerahan, dan postingan yang jelas seperti dari sunah dan kalamullah.

Hal selanjutnya yang juga disampaikan mantan ketua STIBA dua periode tersebut adalah untuk tidak berharap pada orang lain, kendati perubahan harus dilakukan secara kolektif.

“Kitalah para penuntut ilmu syari yang paling bertanggung jawab untuk mengubah keadaan. Jangan ikut lalai dengan kondisi sekarang ini,” tegasnya sambil mengutip ayat Alquran,

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun,” (QS. Al-Anfal: 33)

“Mudah-mudahan kita bisa jadi generasi penyelamat umat ini. Masih ada kaum yang mau bertobat dan beristigfar kepada-Nya. Semoga dengan itu kita bisa menyelamatkan umat ini sebagaimana firman Allah,

“Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Hud: 117).

Karena itu Ustaz Yusran menasihatkan kepada seluruh hadirin untuk memperbanyak doa sembari terus melakukan perbaikan. Dengan itu diharapkan bala dicabut oleh Allah. Namun ia juga mengimbau agar hadirin tetap berprasangka baik pada Allah bahwa Ia pasti menetapkan yang terbaik untuk hamba-Nya.

Pesan terakhir yang disampaikan oleh ketua senat adalah seperti pesan para ulama, bahwa bisa jadi musibah yang terjadi karena ada hak-hak sesama muslim yang tidak dipenuhi.

“Boleh jadi ada hak-hak saudara kita yang tertindas yang belum kita tunaikan. Sejak lama mereka dibantai dan mungkin kita belum menunaikan hak mereka walaupun hanya sekadar doa. Hari ini banyak yang wafat karena Corona tapi jumlahnya tidak seberapa jika dibanding saudara-saudara kita yang terbantai di Rohingya, Uighur, India, dan di tempat-tempat lain,” ujarnya terbata-bata menahan tangis haru.

Mereka wafat bukan karena virus yang merupakan tentara-tentara Allah, tapi terbantai karena  kejahatan kemanusiaan yang didiamkan oleh dunia. Sayang jika kita juga termasuk di antara mereka yang mendiamkan kezaliman ini.

“Mudah-mudahan ini mengingatkan kita bahwa  di sana ada saudara-saudara kita yang mungkin berdoa kepada Allah. Itu adalah doa-doa orang terzalimi yang akan diijabah oleh Allah. Lalu kita mungkin termasuk bagian yang menzalimi mereka secara tidak langsung,” tutur Ustaz Yusran mengingatkan.

Karena itu, menurut Ustaz Yusran, salah satu langkah untuk mengadakan perubahan adalah dengan menunaikan hak-hak Allah dan juga hak saudara-saudara kita. Semoga dengan itu Allah jauhkan kita dari wabah ini.

Loading

Tinggalkan Balasan