(STIBA.ac.id) Makassar –  Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kembali merealisasikan salah satu program kerjanya, yakni penyelenggaraan hibah penelitian untuk civitas academica STIBA Makassar. Acara yang berlangsung 08 Rabiul Akhir 1442 H (24/11/2020 M) ini, diawali dengan sambutan Ketua STIBA Makassar Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D.

Ustaz Ahmad berucap syukur atas terselenggaranya acara ini, dan juga memberi apresiasi terhadap para nomine  dan P3M STIBA Makassar selaku penyelenggara.

Program kerja ini didahului dengan upaya pengidentifikasian berbagai fenomena atau gejala yang mencuat di lingkungan STIBA Makassar. Dimulai dari problematika pembelajaran bahasa Arab, mahasiswa, UKM, dosen hingga pengelola.

Dari hasil identifikasi tersebut kemudian diangkat menjadi tema penelitian yang ditawarkan oleh para civitas academica.

Penyelenggaraan hibah penelitian ini dimaksudkan untuk menumbuhkan dan mengasah kepekaan nalar (sense of research) para civitas academica dalam meretas berbagai problematika yang mencuat di lingkup STIBA Makassar.

Di lain sisi, kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi pengembangan karir dan Tridharma Perguruan Tinggi dosen STIBA Makassar.

Pada kegiatan ini, nomine yang berhasil mempresentasikan proposalnya berjumlah dua tim penelitian, yakni Ronny Mahmuddin, Lc., M.A. dan Syandri Syaban, Lc., M.Ag. bersama dengan anggotanya masing-masing. Kedua tim peneliti merencanakan upaya penelitian terhadap problematika pembelajaran bahasa Arab dan kemahasiswaan.

Pada kegiatan ini, tim penguji berjumlah tiga orang, yakni Dr. Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Dr. Marwan, M.Eng., dan Dr. Khaerul Akbar, M.E.I.

Dari pengamatan (review) dewan penguji, kedua nomine mendapatkan tidak sedikit koreksi, kritikan, saran, dan masukan untuk revisi proposal.

Penetapan pemenang hibah penelitian diumumkan sepekan kemudian setelah mempertimbangkan penilaian, substansi, dan revisi proposal penelitian dari masing-masing nomine. Keluar sebagai pemenang adalah tim yang diketuai oleh Syandri Syaban, Lc., M.Ag.  dengan judul proposal Analisis Keikutsertaan Mahasiswa STIBA dalam Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan Evektivitasnya dalam Dakwah.

Tim ini beranggotakan Askar Fatahuddin, S.Si., M.E.I., Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.,I., Agus Miranto, S.H., dan Edwin Salnar Sose, S.H. ini men

Loading

Tinggalkan Balasan