(STIBA.ac.id) Makassar –  Ketua STIBA Makassar Ustaz Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. melepas secara simbolis mahasiswa STIBA Makassar yang akan menjalani masa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Seperti halnya kegiatan-kegiatan akademik selama pandemi yang berlangsung daring, KKN semester ini juga akan diadakan secara daring.

Ustaz Ahmad mengajak mahasiswa KKN untuk fokus pada agenda strategis pada semester delapan ini. Ia mengibaratkan orang yang ingin keluar dari satu gedung, maka tinggal selangkah lagi ia berhasil keluar. Tapi karena gagal fokus, ia justru mundur ke belakang sehingga tidak jadi keluar.

“KKN bagi kita bukan perkara yang asing. Dalam kehidupan sebagai mahasiswa memang telah diikat untuk memberikan kontribusi. Kehadiran di tengah masyarakat harus maksimal. Bukan sekadar hadir fisik tapi hadir dalam segala makna. Ide dan pikiran kita membersamai mereka,” ujar Ustaz Ahmad saat melepas secara simbolis mahasiswa KKN, Selasa (23/02/2021) melalui ruang pertemuan Zoom.

Terkait kiat-kiat dalam berinteraksi dengan masyarakat, Ustaz Ahmad menyampaikan bahwa seseorang dinilai dari akhlaknya. Bukan sebatas kecerdasan dan kemampuan dia beretorika, tetapi dari akhlak dan sopan santunnya. Maka mudir mengajak, selain menyampaikan hal-hal yang baik, mahasiswa wajib menampilkan akhlak yang baik. Termasuk di antaranya bagaimana cara berkomunikasi yang baik.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut menekankan bahwa sebagai mahasiswa yang duduk di semester akhir harus menjadi panutan bagi adik-adik angkatannya.

Bagaimanapun buruknya karakter seseorang, semua bisa diupayakan untuk berubah lebih baik.

“Jangankan mengubah karakter buruk manusia, hewan liar pun bisa dijinakkan. Jadi tidak ada yang mustahil,” tandas Ustaz Ahmad.

Koordinator KKN STIBA Makassar 2021 Ustaz Saifullah Anshar, Lc., M.H.I.

Koordinator KKN 2021 Ustaz Saifullah Anshar, Lc., M.H.I. mengatakan bahwa tahun ini sebanyak 214 mahasiswa yang terdiri dari 114 mahasiswa dan 100 mahasiswi mengikuti KKN. Sebanyak 22 dosen laki-laki dan 17 dosen perempuan diturunkan menjadi pendamping para mahasiswa KKN tersebut.

Sebelum dilepas secara resmi, terlebih dahulu mahasiswa KKN mengikuti pembekalan. Selama dua hari, peserta KKN menyimak penyampaian materi dari Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. yang membawakan tema tentang Filosofi KKN. Ustaz Dr. Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I. menyampaikan materi tentang Akhlak Dai dan Orientasi Dakwah. Dakwah Virtual Sunah dibawakan oleh narasumber Ustaz Rachmat bin Badani Tempo, Lc., M.A. Sementara materi tentang Manajemen Masjid/Pengelolaan TPA dibawakan oleh Ustaz Abdullah Nazhim Hamid, S.T., Lc. Materi terakhir terkait Laporan Akhir dipaparkan oleh Ustaz Dr. Khaerul Aqbar.

Loading

Tinggalkan Balasan