(STIBA.ac.id) Makassar – Melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 memaksa sebagian besar kegiatan akademik dilakukan secara daring. Sesuai dengan arahan para ulama dan para ahli, salah satu pencegahan yang paling efektif untuk mengatasi wabah Covid-19 ini adalah dengan gerakan vaksinasi.

STIBA Makassar sudah mengagendakan vaksinasi secara masal, tapi belum sempat terealisasi karena beberapa kendala.

“Saya berharap (mahasiswa) yang memiliki kesempatan untuk pulang, kalau ada kesempatan vaksinasi maka kita anjurkan untuk melakukan vaksinasi,” kata Ketua STIBA Makassar Ustaz Dr. H. Ahmad Hanafi, Lc., M.A. saat mengisi sambutan di acara “Haflatul Ikhtitam” (Kuliah Penutup) semester genap tahun ajaran 2021/2022 STIBA Makassar, Sabtu (31/7/21).

Wakil Ketua Dewan Syariah WI ini berharap, vaksinasi menjadi bentuk ikhtiar untuk meminimalkan penyebaran Covid-19.

“Sebagaimana kaidah fikih “Laa Dharara wa Laa Dhiraar”, kita tidak boleh mencelakai diri sendiri dan tidak boleh mencelakai orang lain.

Sebelumnya Ustaz Ahmad mengajak untuk bersyukur atas segala agenda-agenda perkuliahan yang bisa tetap berjalan lancar di tengah pandemi.

“Yang menjadi patokan itu adalah bagaimana penghujungnya yang baik, meskipun di awalnya banyak kekurangan,” ujarnya.

Ustaz Ahmad juga mengingatkan kepada seluruh dosen, pengelola, dan mahasiswa  untuk mempersiapkan agenda kegiatan yang akan dilakukan selama libur sebulan. Ia mengutip ayat dalam Surah al-Insyirah yang berbunyi jika telah menyelesaikan sebuah aktivitas agar bersegera melakukan aktivitas yang lain.

“Maka sebenarnya kita tidak libur, kita hanya berpindah dari satu kegiatan ke kegiatan yang lain,” ungkapnya.

Seperti biasa dalam setiap Kuliah Penutup, di akhir acara setiap wakil ketua menyampaikan arahan dan pengumuman-pengumuman terkait bidang masing-masing.

Wakil Ketua I ustaz Kasman Bakry menyampaikan hal-hal terkait Bidang Akademik. Bidang Umum oleh Wakil Ketua II ustaz Musriwan, Bidang III Bidang Kemahasiswaan oleh ustaz Ahmad Amunir mewakili Ustaz Muhammad Taufan Djafry, Lc., M.H.I. Ustaz Ahmad Syaripudin selaku wakil ketua IV menyampaikan hal-hal terkait dengan Bidang Kerja Sama.

Penulis: Dandi Saputra

Loading

Tinggalkan Balasan