(STIBA.ac.id) Makassar –  Dua buku fonomenal tentang keseteraan gender dengan judul Berbeda tapi Adil dan Berbeda tapi Sederajat diulas tuntas pada Seminar Bedah Buku “Seri Keadilan Gender dalam Islam”, Sabtu (2/10/2021). Kedua buku tersebut merupakan karya dari Prof. Dr. Mahmud bin Ahmad al-Dausary kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ustaz Muhammad Ikhsan, Ph.D.

Seminar yang digelar oleh STIBA Publishing tersebut dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Menariknya, seminar bedah buku tersebut menghadirkan dua pembicara berkompeten yang mewakili dari prespektif laki-laki dan perempuan, yakni Ustaz Muh. Ikhwan Jalil, Lc., M.H.I., M.Pd. dan juga Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si.

Seminar ini dibuka oleh Ketua STIBA Makassar Ustaz Ahmad Hanafi, Ph.D. Ia mengapresiasi buku tersebut dan menyarankan agar setiap orang bisa memiliki dua buku tersebut dikarenakan sangat bermanfaat.

Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si. selaku pembicara pertama membedah kedua buku tersebut dengan menghubungkan isu-isu ideologi gender terkini. Menurutnya, laki-laki dan perempuan sejatinya memang berbeda, tetapi tetap memiliki kesamaan dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pahala.

“Kalau mau dikatakan sebagai kesetaraan, maka kesetaraan dalam hal opportunity (peluang/akses). Karena kalau misalnya perempuan tidak dizinkan ikut perang, maka mereka tetap setara dengan memiliki ibadah yang setara dengan jihad,” ujarnya.

Pada sesi selanjutnya, Muh. Ikhwan Jalil, Lc., M.H.I., M.Pd. sebagai pembedah kedua lebih menyoroti isi buku tersebut. Menurutnya, kedua buku tersebut lahir disebabkan adanya kelompok feminisme yang sangat keras yang menganggap bahwa agama Islam hanya memproritaskan laki-laki saja dibanding perempuan.

Usai pemaparan dari setiap pembedah, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Antusias peserta seminar pada sesi ini terlihat cukup tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul tekait topik gender tersebut. Di antaranya langkah-langkah sosialisasi mengenai keseteraan gender, penguatan ketahanan keluarga, serta fokus sektor yang dikembangkan pada buku tersebut.

Sebagai penutup, STIBA Publishing membuka kesempatan bagi yang ingin memiliki buku tersebut dengan menghubungi kontak person: +6285299557755. (MuhammadbY)

Loading

Tinggalkan Balasan