(STIBA.ac.id) Tanralili-Gowa – Pascapersiapan fisik serta penanaman mental di bawah pengontrolan dan tempaan pembina Diklatsar selama sebulan kurang tiga hari, calon anggota muda Mapala STIBA Makassar kemudian melanjutkan perjuangannya dengan mengikuti Diklatsar ke-V yang dilaksanakan Jumat-Ahad (12-14/11/2021) di Lembah Ramma, Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Pendiksaran ke-5 kali ini diikuti 38 dari 53 Mahasiswa STIBA Makassar yang berhasil lolos pada rekrutmen calon anggota baru.

Diklatsar V mengangkat tema “بناء عقلية الكوادر بالأنشطة الخارجية” “Membangun Mentalitas Kader dengan Kegiatan Alam Bebas” dibuka oleh Ustaz Muh. Ridwan S.Pd. selaku perwakilan dari Bagian Kegiatan Kemahasiswaan (BKK) STIBA Makassar. Dalam sambutannya ia menitip pesan agar UKM Mapala mampu mencetak kader dengan persaudaraan yang kuat, berilmu, disiplin dan siap berkorban sebagaimana yang telah dipesankan ketua STIBA Makassar.

Rangkaian Diklatsar V diawali dengan berjalan kaki sejauh ±7 KM menuju salah satu masjid di daerah Tanralili yang menjadi titik awal pendakian menuju Lembah Ramma. Perjalanan dimulai pukul 20.00 WITA dengan melepaskan setiap kelompok untuk berjalan melintasi perbukitan dan menyusur anak sungai Jeneberang hingga sampai di lembah pada pagi hari pukul 06.00 WITA.

Sebelumnya peserta telah dibekali wawasan survival, mounteneering, zologi, botani, PPGD, SAR, dan navigasi darat serta ilmu menagemen pendakian oleh tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Apt. Muhammad Iqbal, M.Si. (pembina Mapala UIM Makassar), Muhammad Riskianto (anggota WIZ Pusat) dan Muh. Arzal Marzuki (Angkatan II Mapala STIBA).

Anggota Diklatsar juga telah dipersiapkan dengan matang baik persiapan fisik, mental, juga keimanan saat mengikuti kegiatan ini. Berbagai jenis agenda kegiatan terlaksana dengan baik di antaranya manajemen waktu, pendakian, susur sungai, jurit malam, latihan fisik dan kegiatan alam bebas lainnya.

Setelah berlangsung dua hari, kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan atribut Pakaian Dinas Lapangan (PDL) Mapala STIBA oleh Ustaz Syandri, Lc., M.Ag selaku Pembina Mapala yang juga ikut serta mendampingi berjalannya kegiatan. Penyarahan PDL untuk kali pertama dilakukan dengan serimonial upacara pelepasan slayer dan pemberian atribut PDL bagi anggota baru.

Dalam penyampaian amanat, Ustaz Syandri mengingatkan akan pentingnya memahami dan menjiwai empat poin Ikrar Mapala yang telah dibacakan bersama dalam rangkaian upacara. Empat poin tersebut yaitu:

Pertama: Seluruh anggota Mapala harus siap senantiasa menjunjung tinggi nama baik Institusi STIBA Makassar.

Kedua: Seluruh anggota Mapala harus selalu siap ditugaskan dan diamanahkan di mana saja untuk perjuangan dan dakwah.

Ketiga: Seluruh anggota Mapala harus siap mematuhi arahan para pimpinan organisasi.

Keempat: Seluruh anggota harus siap berkorban waktu, harta, dan jiwa untuk Islam.

Reporter: Muh. Akbar

Loading

Tinggalkan Balasan