(STIBA.ac.id) Makassar –  Mahasiswi STIBA Makassar sukses menyelenggarakan Festival Bahasa (Mahrajaanu al-Lughah) yang berlangsung sejak Jumat-Ahad, (19-21/11/2021). Festival bahasa ini mengangkat tema اقبض الدنيا و المعارف باللغة العربية (Genggam Dunia dan Pengetahuan dengan Bahasa Arab).

Kegiatan ini diselenggarakan guna mengingatkan mahasiswi tentang urgensi bahasa Arab bagi penuntut ilmu, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap bahasa Arab.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswi STIBA Makassar ini dilakukan selama tiga hari. Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan sambutan dari dua dosen STIBA yakni Ustazah Nuraisyah Syahrun dan Ustazah Munirah Munawwir, S.H. Disusul pembukaan acara oleh Kepala Keputrian, Ustazah Armida Abdurahman, Lc.

Panitia menghadirkan Ustaz Dr. Akrama Hatta, Lc., M.H.I. sebagai narasumber. Ia menyampaikan tema menarik, “Bahan Refleksi Diri yang Bertajuk Bahasa Arab dan Agama bagi Mahasiswi STIBA Makassar tentang Bagaimana Berbicara Bahasa Arab bagi yang Bukan Orang Arab.”

Dalam materinya, Ustaz Akrama berbicara banyak tentang urgensi belajar bahasa Arab bagi penuntut ilmu agama.

“Syariat kita yang paling sempurna ini berbahasa Arab. Jika ada yang ingin memahami syariat maka harus mempelajari bahasa Arab. Dan yakinlah tidak ada jalan untuk menggapai pemahaman tinggi terhadap syariat Islam kecuali dengan belajar bahasa Arab,” tutur Ustaz Akrama kepada para peserta di Aula Ummul Mu’minin Aisyah radhiyallahu ‘anha STIBA Putri Makassar.

Pada hari kedua kegiatan diramaikan dengan beberapa lomba bertajuk bahasa Arab, seperti Musabaqah Hifdzil Mufrodat, Breaking News, Muhadharah Arabiyah, Cerdas Cermat Qowaid Lughawiyah, Games Lughawiyah, dan Desain Syiar Arabiyah. Adapun lomba terakhir Desain Syiar Arabiyah dilaksanakan secara daring.  Kegiatan kemudian ditutup pada hari ketiga dengan berbagai persembahan dari panitia serta pembagian hadiah. (Tim Humas Putri)

Loading

Tinggalkan Balasan