(STIBA.ac.id) Makassar –  Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik Putri STIBA Makassar telah melaksanakan Webinar Ilmiah Dakwah dengan Literasi, Sabtu (18/12/2021). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara perdana yang dilaksanakan dalam kegiatan Muslimah Expo.

Mengawali kegiatan dengan sambutan, Kepala Keputrian STIBA Makassar Ustazah Armida, Lc. menjelaskan urgensi menulis dalam dakwah.

“Para ulama terdahulu terkenal dengan karya-karya mereka dari tulisan yang sampai sekarang kita masih bisa mengambil ilmu darinya. Lalu bagaimana agar kita bisa seperti mereka?  Tentu seseorang untuk bisa naik ke tempat tinggi butuh alat yang bisa membantunya, maka ketika kita ingin mengikuti jejak para ulama maka salah satunya adalah dengan tulisan,” kata Ustazah Armida kepada para peserta webinar yang mengusung tema “Menyebar Dakwah dengan Literasi di Era Milenial (نشر الدعوة بمعرفة القراءة والكتابة في العصر الألفيي).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber utama. Narasumber pertama adalah Ustazah Sa’adal Jannah Idam, S.H., M.E. Dosen STIBA Makassar tersebut menyampaikan kepada para Muslimah bahwa menulis adalah salah satu sarana dalam berdakwah. Para ulama terdahulu menulis banyak hadis yang sampai sekarang masih bisa diambil manfaatnya.

“Bagaimana jika mereka berdakwah hanya dengan perkataan? Mungkin hadis-hadis yang sampai ke kita saat ini lebih sedikit,” tegas Ustazah Sa’adal.

Narasumber kedua Ustazah Diena Rifa’ah Amaliah, S.Si., Apt. menyampaikan peran milenial dalam berdakwah dengan tulisan. Menurutnya dengan dakwah tulisan itu dapat membuka mata para pembaca melihat realitas. Keperluan masyarakat akan konten saat ini menjadikan tulisan sebagai bahan baku dalam menyampaikan dakwah terutama di era milenial seperti sekarang.

Kegiatan Muslimah Expo ini pertama kalinya diadakan oleh UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar. Selain bertujuan menumbuhkan kecintaan peserta terhadap dunia literasi, diharapkan juga dapat menjadi sarana untuk menambah wawasan peserta dalam dunia literasi. Di samping itu melalui kegiatan ini diharapkan bisa mempererat ukhuwah islamiyah, dan mengajak peserta untuk semangat berkarya melalui tulisan,

Di penghujuang acara, kegiatan ini juga disertai dengan pengumuman lomba desain poster, lomba penulisan esai, lomba penulisan dan pembacaan berita, dan lomba video kreatif. Lomba-lomba ini diselanggarakan oleh UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar. Kegiatan ini diikuti sebanyak 522 peserta dari mahasiswi STIBA dan muslimah umum. (Tim Humas Putri)

Tinggalkan Balasan