(STIBA.ac.id) Makassar –  STIBA Makassar kembali akan mengutus mahasiswanya ke beberapa daerah dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan V. Mahasiswa yang akan mengikuti KKN tahun ini sebanyak 333 orang, terdiri dari 155 mahasiswa dan 178 mahasiswi. STIBA menurunkan 91 orang pendamping terdiri dari 62 dosen laki-laki dan 29 dosen perempuan.

Sebelum dilepas secara resmi, para mahasiswa semester akhir ini terlebih dahulu menjalani masa pembekalan. Pembekalan yang berlangsung dua hari tersebut bertempat di lantai dua Masjid Anas bin Malik, Senin–Selasa (21-22 Februari 2022). Kegiatan terlebih dahulu dibuka oleh Dr. Kasman Bakry, M.H.I. selaku Wakil Ketua Bidang Akademik STIBA Makassar.

Ustaz Kasman Bakry menyampaikan harapan besarnya kepada mahasiswa dan mahasiswi KKN agar mengerahkan usaha terbaik mereka.

“‌Saya yakin Antum akan membahagiakan kami nantinya sebagaimana pendahulu-pendahulu Antum. Biasanya KKN membuat orang yang jarang kelihatan di kelas muncul dan tampil dengan aksi luar biasa,” harapnya.

Acara kemudian dilanjutkan oleh tausiah dan arahan Ketua STIBA Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. Ia menyampaikan bahwa di antara tujuan KKN ialah untuk melatih dan membiasakan mahasiswa untuk terjun langsung pada objek dakwah yang sebenarnya. Ia juga memberikan tiga kaidah penting dalam perjalanan KKN.

Pertama, فاقد الشيء لا يعطيه (orang yang tidak memiliki sesuatu tidak bisa memberi apapun). Mudir menjelaskan bahwa yang ia maksudkan adalah barang siapa yang tidak punya ilmu maka tak akan ada yang bisa ia berikan atau ajarkan.

Hal kedua adalah terkait objek dakwah atau siapa yang akan didatangi.

“Dan yang terakhir, dalam metode dakwah ada kaidah yang mengatakan, Permudah, jangan persulit. Beri kabar gembira, jangan menakut-nakuti,” jelas Wakil Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut.

Pembekalan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari. Materi yang diajarkan antara lain Filosofi KKN yang dibawakan oleh Ustaz Dr. Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I., Akhlak Dai dan Orientasi Dakwah oleh Ustaz Rachmat bin Badani Tempo, Lc., M.A., Praktik Penyelenggaraan Jenazah yang diisi Depsos DPP WI, Manajemen Masjid/Pengelolaan TPA yang dibawakan oleh Ustaz Abdullah Nazhim Hamid, S.T., Lc., dan Penyusunan Program Kerja KKN dan Format Laporan Akhir yang disampaikan oleh Ustaz Dr. Khaerul Akbar, S.Pd., M.E.I.

Reporter: Muhammad.bY

Loading

Tinggalkan Balasan