(STIBA.ac.id) Makassar – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STIBA Makassar dalam rangka meningkatkan skill dan kualitas calon pengurus mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan I. Kegiatan ini menghadirkan Ustaz Nuzul Haq, S.Pd., M.Ed. (CP.NLP., CH., Cht., CETP., C.CTc.) sebagai pemateri terkait event organizer.

Kegiatan LDK I ini dihadiri oleh calon pengurus DEMA STIBA yang berjumlah 36 orang. Acara dibuka oleh Ustaz Ahmad Amunir, Lc. yang sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Kepada para calon pengurus DEMA, Ustaz Ahmad menyinggung urgensi menuntut ilmu, “Selama berada di STIBA, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar seorang mahasiswa dapat dikatakan sukses. Selain tentang kewajiban paling utama yaitu menuntut ilmu syariat, seorang mahasiswa juga perlu paham tentang ilmu kepemimpinan dan ilmu keorganisasian. Ada banyak kegiatan yang ketika mahasiswa tidak memiliki ilmu kepemimpinan dan keorganisasian, membuat manfaat yang bisa mereka berikan menjadi berkurang,” ujarnya.

Kepala Bagian Kegiatan Kemahasiswaan tersebut juga menekankan makna pemimpin, “Jangan hanya mau memimpin, tapi harus juga siap dipimpin agar bisa menjadi pemimpin yang baik,” tuturnya.

Terkait kegiatan ini, ia menyebutkan bahwa event organizer ini sesuai dengan makna hadis dari Rasululullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (HR. Ahmad).

Juga senada dengan hadis yang lain, “Sesungguhnya Allah menyukai jika salah seseorang di antara kalian melakukan suatu amalan ia itqon (mengerjakan dengan sempurna).” (HR. Baihaqi).

Ustaz Ahmad menutup sambutannya dengan harapan agar mahasiswa memberikan yang terbaik saat mengikuti kegiatan ini. Semoga dari kegiatan ini mahasiswa dapat mengeluarkan dan mengetahui potensi masing-masing.

Kegiatan LDK I tersebut dilaksanakan pada hari Ahad (3/72022), bertempat di lantai IV Gedung Abdullah bin Mas’ud STIBA Makassar.

Di akhir sesi kegiatan, Ustaz Nuzul Haq selaku narasumber berpesan agar peserta tidak mencukupkan ilmu dari kegiatan itu saja, ”Jangan pernah berhenti untuk terus belajar karena dunia tidak akan pernah berhenti untuk memberikan pelajaran. Jadikan setiap hikmah dalam kehidupan ini sebagai pelajaran berharga.”

Reporter : Joko Vierianto Putra Setyawan

Loading

Tinggalkan Balasan