(STIBA.ac.id) Makassar –  Pascapersiapan fisik serta penanaman mental di bawah pengontrolan dan tempaan pembina Diklatsar selama sebulan, calon anggota muda Mapala STIBA Makassar kemudian melanjutkan perjuangannya dengan mengikuti puncak Diklatsar VI. Kegiatan tersebut dilaksanakan Jumat-Ahad (01-03/07/2022) di Lembah Ramma, Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Pendiksaran ke-6 kali ini diikuti 19 dari 21 mahasiswa STIBA Makassar yang berhasil lolos pada rekrutmen calon anggota baru.

Diklatsar VI mengangkat tema “تكوين كوادر شباب الإسلام ذوي شخصيات التضحية ومنظمة” (Membentuk Kader Muda Islam yang Berkarakter Militan dan Organisatoris) dibuka oleh Ustaz Syandri, Lc., M.Ag. selaku Pembina Mapala STIBA Makassar. Dalam sambutannya, Ustaz Syandri berpesan empat hal kepada seluruh anggota Mapala maupun calon anggota muda.

Ustaz Syandri mengimbau agar anggota Mapala tetap menjaga niat. Menurutnya perjalanan ini adalah ibadah, maka mulailah semuanya dengan memperbaiki Niat. Hanya dengan niat yang tuluslah seorang mampu melintasi segala tantangan kehidupan.

Pesan selanjutnya adalah menjaga ukhuwah. Perjalanan bersama saudara merupakan momentum penting membangun ukhuwah yang lebih erat. Dari sanalah, peserta akan mengetahui karakter sebenarnya dari rekan-rekan mereka, dan melalui pengetahuan itulah setiap peserta dituntut untuk bisa saling memahami.

Hal lainnya yang juga diingatkan pembina Mapala adalah pesan untuk menguatkan solidaritas. Perjalanan ini merupakan kesempatan membangun solidaritas sebagai sesama pejuang dakwah. Karenanya Ustaz Syandri mengingatkan untuk menjauhi sikap egois, mementingkan kepentingan pribadi, dan belajar untuk selalu mengedepankan kepentingan jemaah.

Berita terkait: Rekrut Anggota Baru, Mapala Gelar Diklatsar Angkatan VI

Pesan terakhir dari Ustaz  Syandri adalah menjaga ketaatan. Menurutnya, perjalanan selalu akan diwarnai dengan ujian dan tantangan, maka untuk itu ketaatan kepada para pemimpin yang ditunjuk adalah merupakan keniscayaan. Ini semua tidak lain untuk keberhasilan perjalan peserta Diklatsar.

Rangkaian Diklatsar VI diawali dengan berjalan kaki sejauh ±2 km menuju salah satu masjid di daerah Tanralili yang menjadi titik awal pendakian menuju Lembah Ramma. Perjalanan dimulai pukul 21.00 WITA dengan pelepasan setiap kelompok untuk berjalan melintasi perbukitan dan menyusur anak sungai Jeneberang hingga sampai di lembah pada pagi hari pukul 06.00 WITA.

Anggota Diklatsar juga telah dipersiapkan dengan matang baik persiapan fisik, mental, juga keimanan saat mengikuti kegiatan ini. Berbagai jenis agenda kegiatan terlaksana dengan baik di antaranya manajemen waktu, pendakian, susur sungai, jurit malam, latihan fisik dan kegiatan alam bebas lainnya.

Setelah berlangsung dua hari, kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan atribut PDL Mapala STIBA oleh Abd. Usamah selaku Ketua Umum Mapala yang juga ikut serta mendampingi berjalannya kegiatan. Penyarahan PDL ini dilakukan dengan serimonial upacara pelepasan slayer dan pemberian atribut PDL bagi anggota baru.

Reporter: Abdurrahman Larodding

Loading

Tinggalkan Balasan