(STIBA.ac.id) Makassar –  Lapangan Uhud Kampus STIBA Makassar kembali menjadi lokasi pelaksanaan salat Iduladha 1443 H keluarga besar Wahdah Islamiyah, Ahad (10/7/2022). Ustaz Aswanto Muh. Takwi, Lc., M.A. dosen STIBA Makassar menjadi khatib dan selaku imam adalah Wakil Ketua I Bidang Akademik Ustaz Dr. Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I.

Tema khotbah yang diusung kali ini adalah Keluarga Kuat, Negara Hebat. Naskah khotbah yang dibacakan khatib adalah khotbah seragam yang dibacakan oleh para khatib Wahdah yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Naskah khotbah Iduladha setiap tahunnya dikeluarkan oleh Dewan Syariah Wahdah Islamiyah.

Perhatian mengenai keluarga dan anak adalah materi yang telah diusung oleh Wahdah Islamiyah dari dulu, beberapa tahun lalu dalam materi khotbahnya juga telah mengangkat pentingnya menjadi anak dan kini mengangkat tema tentang keluarga.

“Ternyata bukan hanya anak yang penting untuk dijaga. Tapi, keluarga juga butuh dijaga dengan belajar untuk memahami agama ini. Pembahasan tentang Iduladha, sosok yang selalu muncul adalah Nabi Ibrahim alaissalam, dalam sejarah kita tahu bahwa beliau memiliki keteladanan yang luar biasa baik untuk keluarganya dan juga umat pada masa itu,” ujar Ustaz Yusran Anshar.

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut menjelaskan bahwa tema keluarga ini diangkat untuk memberikan pencerahan kepada umat akan pentingnya keluarga dalam mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan masyarakat dan bangsa.

“Materi ini juga diangkat, sebagaimana yang kita saksikan di fenomena-fenomena akhir-akhir ini, di mana fenomena dan persoalan seperti LGBT yang sudah begitu marak dan bahkan ditampakkan secara lebih luas atau bahkan difestivalkan tanpa rasa malu. Juga fenomena pernikahan beda agama dan berbagai penyimpanan seksual yang lainnya serta berbagai permasalahan dalam kelurga yang terjadi di masyarakat kita,” tegas ketua Senat STIBA Makassar tersebut.

Reporter: Muhammad Akbar

Loading

Tinggalkan Balasan