(STIBA.ac.id) Makassar –  Momentum Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar kembali menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban.  Penyembelihan kurban berlangsung di sekitaran gedung kelas lama seusai pelaksanaan salat Iduladha, Ahad, 10 Zulhijah 1443 H (10/07/2022) hingga siang hari Senin, 11 Zulhijah 1443 H (11/08/2022). Proses penyembelihan hingga pendistribusian hewan-hewan kurban tersebut melibatkan panitia dan sejumlah besar mahasiswa STIBA.

Sebanyak 24 ekor sapi dan 52 ekor kambing (32 jantan dan 15 betina) yang merupakan hewan kurban Civitas Academica STIBA dan masyarakat umum telah disembelih dan didistribusikan pada dua hari tersebut.

Selain kepada para pekurban, daging kurban juga didistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Salah satu peserta kurban Ustaz Arif Irawan alias Abu Fayyad  mengapresiasi STIBA atas fasilitas yang diberikan tahun ini.

“Alhamdulillah, Mahasuci Allah, kami sangat bersyukur dengan fasilitas yang diberikan dan juga kami sangat percaya kepada STIBA Makassar dalam penunaian ibadah kurban,” ujarnya.

Lebih lanjut, setelah hadir menyaksikan penyembelihan hewan kurban, ia juga menyampaikan kemudahan-kemudahan yang disiapkan panitia.

“Kami dipersilahkan untuk melihat kurban kami yaitu sapi atau  kambing dan juga peserta yang tidak bisa hadir bisa menyaksikan melalui grup Whatsapp. Ada juga call center-nya yang bisa dihubungi jika ada pertanyaan,” ungkap Ustaz Abu Fayyad yang telah tiga kali menjadi peserta kurban di STIBA tersebut.

“Baiknya lagi penyembelihan di STIBA Makassar diberikan fasilitas pengiriman kurban bagi semua peserta kurban ke rumah mereka. Kami yang hadir menyaksikan di sini diberikan kopi gratis dan air mineral,” lanjutnya sambil memperlihatkan kopi dan air di tangannya.

Ia juga menyampaikan beberapa kelebihan yang ia saksikan berkurban di STIBA.

“Kelebihan lainnya dari berkurban di STIBA Makassar, hewan kurban insyaallah memenuhi standar fikih dan adab-adabnya, seperti binatang tidak digabung dalam satu tempat juga tidak diperkenankan melihat satu sama lain antara hewan yang disembelih dengan hewan yang akan disembelih, dan lain-lain. Dan penyalurannya juga insyaallah tepat sasaran, baik itu ke fakir miskin maupun penuntut ilmu syariat,”  pungkasnya.

Ustaz Ahmad Amunir, Lc., selaku ketua panitia yang turut mengarahkan jalannya pelaksanaan kurban tersebut juga menyampaikan apresiasinya.

“Kami mengucapkan jazakumullah khairan, penghargaan yang sebesar-besarnya, terima kasih yang besar kepada kaum muslimin yang berkurban di Kampus STIBA makassar 1443 H,” ucapnya mewakili STIBA Makassar.

Reporter: Muh. Akbar

Loading

Tinggalkan Balasan