(STIBA.ac.id) Makassar –  Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar mengadakan Pembekalan Kepenulisan yang bertema “Menjejakkan Pena Peradaban dengan Karya Tulis Ilmiah” pada hari Kamis, 25 Safar 1444 H (22/09/2022 M).

Di awal pemaparannya, Ustazah Hijrayanti, S.Sos., M.I.Kom. selaku pemateri memberikan pilihan kepada para peserta yang hadir, apakah akan membuat skripsi atau jurnal. Selain itu, ia juga memberikan beberapa tips dalam menulis agar tulisan yang dibuat menjadi akurat dan menarik.

Seorang penulis harus menentukan pokok permasalahan apa yang akan ditulis dan memperhatikan metode dalam menulis karya tulis ilmiah. Ustazah juga merekomendasikan dan memperlihatkan cara menggunakan aplikasi Manajemen Referensi, yang diharapkan bisa membantu dalam menulis.

“Sebelum menulis, kita harus memilih bidang mana yang kita minati. Kemudian kuasai teori yang ingin kita tulis. Jangan lupa untuk menulis kerangka tulisan. Seorang penulis juga harus teliti dalam meneliti setiap masalah dan sebab-akibat yang ada,” ungkapnya.

Agar bisa berbicara dengan fasih, kita perlu banyak mendengar. Begitu pun dalam menulis, kita perlu banyak membaca agar menambah pengetahuan, ilmu, dan kosakata baru. Hal ini tentu saja bisa mempermudah dalam menulis dan menyusun skripsi.

“Membuat skripsi itu butuh motivasi dan bantuan orang-orang terdekat. Tubuh juga harus sehat dan kuat agar bisa berpikir dengan baik,” tambah dosen STIBA Makassar itu sebagai penyemangat kepada para peserta.

Kegiatan yang bertujuan untuk menambah tsaqafah dalam kepenulisan ini dilaksanakan di Aula Aisyah radhiallahu ‘anha Kampus Putri STIBA Makassar dan diikuti oleh mahasiswi semester VII STIBA Makassar.

Laporan: Tim Humas Putri

Loading