(STIBA.ac.id) Makassar –  Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar, di antaranya muqarrar, manhaj dirasi, fasilitas, peserta didik, dan pengajar. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Keputrian STIBA Makassar Ustazah Armida, Lc. saat menjadi keynote speaker Lokakarya Bedah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Microteaching.

Karenanya, menurut Ustazah Armida, pengajar atau dosen harus meningkatkan kualitasnya dalam mempelajari hal-hal yang terkait dengan profesinya.

“Tidak hanya materi atau bahan ajar, tetapi juga keterampilan yang terkait. Di antaranya adalah bagaimana menyusun rencana pembelajaran semester dan microteaching,” ujarnya, Jumat, 26 Safar 1444 H  (23/09/2022).

Lokakarya yang diadakan Bidang Akademik Putri STIBA Makassar ini menghadirkan 63 dosen putri STIBA Makassar.

Dua materi yang diuraikan dalam kegiatan ini disampaikan oleh narasumber yang profesional  di bidangnya yaitu Dr. St. Syamsudduha, M.Pd.

Pada materi pertama, selain memaparkan materinya pemateri mengarahkan peserta membentuk beberapa kelompok berdasarkan mata kuliah yang diampu. Setiap kelompok mengoreksi RPS masing-masing berdasarkan petunjuk, penjelasan, dan bimbingan langsung dari pemateri.

Selanjutnya materi kedua microteaching, pemateri memaparkan teorinya kemudian menunjuk dosen tertentu untuk praktik di depan peserta lain yang berperan sebagai mahasiswi. Ada juga yang berperan sebagai pengamat yang menilai cara mengajar dosen tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, para dosen mengaku lebih paham dan mudah dalam membuat RPS serta mendapat banyak pelajaran terkait teknik mengajar yang baik. 

Reporter: Tim Humas Putri

 223 total views,  1 views today