(STIBA.ac.id) Makassar –  Menjaga kesehatan jiwa adalah perkara yang sangat urgen. Kesehatan jiwa merupakan kondisi di mana seorang berkembang secara fisik, mental, spritual, dan sosial. Hal tersebut diutarakan oleh Ustazah dr. Ismariani Mandan, M.Kes., Sp.K.J. saat menjadi narasumber Gerakan STIBA Sehat,  Ahad, 03 Jumadilawal 1442 H (27/11/2022). Ia membawakan materi berjudul Pola Hidup Sehat untuk Mental yang Sehat.

“Pernahkah mood kamu berubah secara tiba-tiba? Semula merasa sangat senang lalu mendadak menjadi sedih? Lalu apa yang bisa kita lakukan agar tetap sehat mental di lingkungan asrama?,” tanya dr. Ismariani menarik atensi audiens.

Pemateri pun memberi saran dengan menjaga niat yang baik, sikap penerimaan, melatih pola pikir positif, memperbanyak doa dan zikir, muraqabatullah, mencari social support yang baik, selektif atau membatasi melihat medsos dan informasi, dan aktivitas fisik.

“Kita ibarat naik bus yang di mana kita melihat hal-hal yang tidak disukai. Apabila kita turun maka kita tidak akan sampai ke tujuan. Apabila kita bertahan maka cepat atau lambat pasti akan sampai. Jadi bertahanlah dan luruskan niat agar bisa bertahan hingga akhir. Ketika kita bertahan pada akhirnya kita akan sampai di tujuan yang diinginkan,” ungkap dokter spesialis kejiwaan tersebut memotivasi para peserta kegiatan yang diadakan oleh  Bidang Kesehatan dan Kebersihan UKM Asrama Putri STIBA Makassar tersebut.

Kegiatan bertema Kesehatan adalah Mahkota di atas Kepala Orang-Orang Sehat ini juga dirangkaikan dengan Penyuluhan Kesehatan. Diharapkan setelah mengikuti acara ini mahasiswi memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan jasmani dan rohani.

Dalam kegiatan ini juga, para mahasiswi mendapatkan pelayanan kesehatan berupa konsultasi, bekam, yumeiho dan scalling gigi. Adapun jumlah peserta yang mendaftar di pelayanan kesehatan sebanyak 144 orang.

Laporan Tim Humas Putri

 108 total views,  1 views today