(STIBA.ac.id) Makassar –  Indonesia saat ini tengah memasuki tahun politik. Banyak partai, pengurus partai politik, hingga para simpatisannya akan memanaskan eskalasi politik di tahun-tahun jelang Pemilu 2024 ini.

Sebagai warga negara yang baik, mahasiswa STIBA Makassar tentu dituntut untuk turut berpartisipasi dalam kehidupan politik bangsa ini. Apalagi tidak sedikit mahasiswanya yang merupakan pemilih pemula dalam Pemilu 2024 mendatang.

Karena itu STIBA Makassar sebagai institusi pendidikan berperan aktif dalam memberikan wawasan dan kesadaran politik bagi mahasiswanya. Melaksanakan kuliah umum adalah salah satu metode penanaman kesadaran itu.

STIBA Makassar baru-baru ini mengadakan Kuliah Politik Islam, Ahad (11/12/2022). Kegiatan tersebut menghadirkan Dr. Ahmad Fathoni, seorang pengamat dan penulis produktif tentang politik yang beken dengan nama penanya Tony Rasyid.

Menurut Wakil Ketua MPR RI Drs. H. Tamsil Linrung yang malam itu membersamai narasumber, Ustaz Tony Rasyid setiap harinya menelurkan tidak kurang dari tiga tulisan. Tulisan-tulisan yang tak jarang dimuat di situs-situs web dan jadi bahan referensi pemerhati politik.

Tony Rasyid sendiri mengakui bahwa tulisan-tulisan yang dihasilkannya selalu memiliki nilai dan tujuan jangka panjang.

“Memang menulis itu harus ada value (nilai), bukan sekadar memuaskan diri. Bukan sekadar hobi tapi bagaimana tulisan ini punya tujuan. Tulisan ini punya target jangka panjang apa yang mau diarahkan. Saya tidak akan pernah menulis kalau itu tidak punya target,” ujarnya dalam pemaparannya di hadapan jemaah Masjid Anas bin Malik Kampus STIBA Makassar usai salat Magrib.

Hal tersebut ia sampaikan ketika menguraikan salah satu kelemahan umat Islam, yaitu tidak proaktif. “Kita harus kerja proaktif, jangka panjang. Umat ini kelemahannya reaktif dan tidak punya data karena tidak melakukan riset,” katanya.

Dalam kuliahnya, Tony Rasyid juga membahas tentang tiga jenis perubahan, yaitu perubahan segmentasi atau kultural, perubahan nasional atau struktural, dan perubahan universal. Menurutnya, perubahan yang paling cepat dan waktunya jauh lebih singkat adalah perubahan struktural, yaitu memilih pemimpin yang berintegritas, memiliki kapabilitas dan kompetensi.

Ia mencontohkan bagaimana seribu ulama yang mengecam lokalisasi prostitusi tapi tidak mampu menghentikan lokalisasi tersebut, sementara seorang bupati hanya melalui selembar kertas dapat menghentikannya.

Dari sini, Tony Rasyid kemudian menjelaskan bagaimana kiat melahirkan sosok pemimpin. Yang pertama kata Ustaz Tony adalah melakukan riset, mengumpulkan data. Dan yang kedua adalah tindakan-tindakan proaktif jangka panjang.

Di pengujung acara, Pemimpin Umum Wahdah Islamiyah Ustaz Muhammad Zaitun Rasmin turut memberikan tambahan penjelasan. Ia membenarkan ungkapan Ibnu Khaldun yang dikutip Tony Rasyid yaitu Jadilah orang baik yang nantinya menjadi kuat. Menurutnya memang seperti itu. Perubahan hanya bisa terjadi bila memiliki kekuatan, tapi orang baik bisa menjadi kuat. Dan proses itulah yang saat ini terjadi di STIBA Makassar dan ormas induknya Wahdah Islamiyah.

Ketua STIBA Makassar Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta yang menjadi moderator pada kesempatan tersebut menutup acara  dengan harapan kuliah tersebut dapat menambah pencerahan khususnya bagi mahasiswanya.

“Mudah-mudahan pencerahan ini menambah wawasan kita. Dan yang paling penting kita harus berperan aktif mengambil posisi yang tepat untuk perubahan di tingkat nasional pada tahun politik yang saya kira sebentar lagi akan kita hadapi,” pungkasnya.

Loading