(STIBA.ac.id) Makassar – Unit Kegiatan Khusus Biro Rumah Tangga Masjid (UKK BRTM) Anas bin Malik STIBA Makassar mengadakan kegiatan Pelatihan Manajemen Masjid, Jumat, (16/12/2022 M/22/5/1444 H). Kegiatan yang bertemakan Optimalisasi Kinerja Pengurus demi Tercapainya Masjid yang Ideal di Era Modern ini dihadiri oleh seluruh pengurus UKK BRTM periode 2022-2023.

Pihak panitia menghadirkan sekretaris umum PD DMI Kota Makassar Ustaz Dr. H. Syaifullah Rusmin, Lc., M.Th.I. selaku narasumber.

Mengawali kegiatan, Ketua DKM Anas bin Malik STIBA Makassar Ustaz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I. menyampaikan sambutan. Dalam kesempatan itu, Ustaz Ahmad memaparkan tujuh karakteristik yang wajib dimiliki pengurus masjid dalam Al-Qur’an, yaitu pada surat an-Nur: 36-37.

“Pengurus masjid harus memiliki semangat untuk mengejar saf pertama setiap salat, rajin bersedekah, juga mengokohkan hati kepada hari Akhir, menjaga hati dari syubhat-syubhat yang ada, juga selalu ikhlas dalam melaksanakan segala kegiatan, dan juga menjaga mata karena cinta itu mulai dari mata dan jatuh ke hati,” kata Wakil Ketua IV STIBA Makassar tersebut.

Ia menutup sambutan dengan mengucapkan terima kasih kepada narasumber atas kehadirannya pada kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ustaz Syaifullah Rusmin dalam pemaparannya mengatakan bahwa kebenaran tanpa manajemen dapat dikalahkan dengan kebatilan yang termanajemen.

“Mengelola masjid pada zaman saat ini memerlukan ilmu dan keterampilan manajemen, maka pengurus masjid harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman,” tuturnya lagi.

Ia melanjutkan, di bawah sistem pengelolaan masjid yang tradisional, umat Islam akan sulit berkembang. Karena itu, mau tidak mau umat Islam harus berjalan sesuai dengan perubahan perkembangan zaman, karena jika tidak akan sangat tertinggal jauh oleh perkembangan zaman.

Ustaz Syaifullah akhirnya menutup materinya dengan menyampaikan bahwa perlu ada komunikasi dan hubungan kerja sama antarpengurus masjid.

“Dan prinsip kita dalam mengelola masjid adalah dengan prinsip keimanan semata-mata karena Allah, dan jangan mencari kehidupan di masjid,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Al-Fattah Robbani

Loading