(STIBA.ac.id) Makassar –  Kehadiran seluruh unsur pimpinan STIBA Makassar, mulai dari ketua beserta keempat wakilnya hingga ketua senat untuk memberikan tausiah di momentum Kuliah Penutup adalah refleksi cinta kepada para mahasiswa mereka.

Laksana orang tua yang akan ditinggalkan anak-anak mereka ke tempat yang jauh dari pengawasan, di tengah kekhawatiran mereka akan menghadapi banyak fitnah, di saat itulah seluruh nasihat kebaikan mengalir dari lisan-lisan para orang tua tersebut.

Seperti itulah gambaran suasana pada setiap kegiatan penutup perkuliahan semesteran yang disebut Haflah Ikhtitam.

Kegiatan ini berlangsung di Masjid Anas bin Malik Kampus STIBA Makassar untuk peserta ikhwan, dan di Gedung Aisyah bagi akhwat melalui media virtual. Acara tersebut juga diikuti oleh orang tua mahasiswa yang disiarkan melalui kanal YouTube STIBA TV dan Zoom.

Hadir dalam seremoni pelepasan mahasiswa liburan ini Ketua Senat Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., Ketua STIBA Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D., para Wakil Ketua, dosen, dan seluruh mahasiswa STIBA Makassar.

Dalam sambutannya, Ketua STIBA Makassar mengajak seluruh hadirin untuk bermuhasabah, introspeksi terhadap apa yang telah dilakukan selama satu semester. Mudir juga memberikan tantangan kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk memanfaatkan waktu liburannya dengan membuat konten positif tentang kampus STIBA Makassar.

Sambutan dan tausiah lengkap Ketua STIBA Makassar dapat disimak di:
Mahasiswanya Pulang Liburan, Ketua STIBA Makassar Bagikan Bekal Tiga Hadis – YouTube

“Saya kira anak-anakku sekalian bisa memanfaatkan liburan ini dengan sangat baik. Yang sudah lama tidak berinteraksi dengan Handphone, insyaallah ketika pulang—kita tidak bisa lag melarang untuk berinteraksi dengan HP—tapi saya coba tantang semua mahasiswa dan mahasiswi. Saya berikan antum challenge, yang bisa membuat konten terbaik terkait dengan STIBA ini ketika liburan, insyaallah kita akan berikan apresiasi,” ujar Ustaz Akhmad.

Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D selaku Ketua Dewan Senat  STIBA Makassar dalam arahannya mengajak seluruh civitas akademika untuk memuhasabah apa saja yang telah dilakukan dalam semester ini.

“Kami mau mengajak kita semuanya, para thullab, mudarrisin, para pengelola, dan juga para orang tua karena keberhasilan dari anak-anak kita ini tidak terlepas dari seluruh kita. Dan kita semuanya punya peran dalam keberhasilan atau kegagalan anak kita. Maka kita perlu muhasabah. Empat bulan tidak terasa telah berlalu dengan segala macam kelebihan dan kekurangannya. Segala macam persoalan dan kenikmatannya, maka perlu kita banyak bermuhasabah,” ujar Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut.

Sambutan dan tausiah lengkap Ketua Senat STIBA Makassar dapat disimak di:
Ketua Senat: Semua yang Ada di Ma’had akan Jadi Saksi Kita di Hadapan Allah – YouTube

Kegiatan ini ditutup dengan penyampaian-penyampaian dari Wakil Ketua I Bidang Akademik Ustaz Dr. Kasman Bakri, S.H.I., M.H.I., Wakil Ketua II Bidang Umum Ustaz Musriwan, Lc., M.H., Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Ustaz Muhammad Taufan Djafry, Lc., M.H.I., dan Wakil Ketua IV Bidang Kerja Sama Ustaz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I.

Simak juga kesan-kesan mahasiswa baru setelah berada di STIBA Makassar selama satu semester yang disampaikan dalam Kuliah Penutup tersebut:

Satu Semester Berlalu, Abd. Syukur Akui Pilih Masuk STIBA Adalah Keputusan Terbaik dalam Hidupnya – YouTube

Reporter: Abdurrahman Larodding

 172 total views,  1 views today