(STIBA.ac.id) Makassar – STIBA Makassar melalui Bidang Kemahasiswaan dan Pusat Pengembangan dan Bahasa Arab mengadakan program Pelatihan Baca Kitab Kuning bagi 20 mahasiswa pilihan, Selasa (21/02/2023). Pelatihan ini dihadiri oleh Ustaz Abdul Munawir sebagai narasumber yang memberikan pengenalan tentang kitab kuning dan kiat-kiat dalam menguasai teknik baca kitab kuning.

Dalam kegiatan ini, Ustaz Munawir menjelaskan bahwa kitab kuning atau kitab gundul adalah kitab klasik para ulama.  Menurutnya, penamaan tersebut berasal dari beberapa faktor, seperti huruf-hurufnya yang tidak memiliki tanda baca (harakat) dan sebagiannya terbuat dari kertas kuning. Pemilihan kertas kuning itu untuk memudahkan para ulama terdahulu dalam menelaah kitab tersebut di malam hari hanya dengan bantuan cahaya pelita.

Selanjutnya, Ustaz Munawir memberikan kiat-kiat dalam menguasai teknik baca kitab kuning, seperti mengikhlaskan niat karena Allah semata, memperbanyak hafalan kosakata, memperkaya wawasan terkait ilmu nahwu dan sharaf sebagai ilmu utama dalam bahasa Arab, serta melakukan latihan intensif.

Mahasiswa yang terpilih akan dilatih secara intensif oleh pelatih yang berkompeten secara pekanan. Melalui latihan rutin tersebut diharapkan mampu mengembangkan keterampilan peserta saat kelak diikutkan dalam perlombaan nasional maupun internasional.

Reporter: Ihsan Dahri

Loading