(STIBA.ac.id) Makassar –  Mahasiswa STIBA Makassar tak hanya dibekali keilmuan yang bersifat keagamaan. Tetapi juga berbagai keterampilan  yang dapat menunjang karir mereka kelak sebagai dai atau pun profesi lainnya.

Kali ini, giliran para sekretaris dan bendahara dari seluruh lembaga kemahasiswaan termasuk UKK, UKM, dan HMJ yang mendapat pelatihan terkait pengelolaan kesekretariatan dan keuangan. Pelatihan yang digelar oleh Departemen Diklat Dema ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan keterampilan sekretaris dan bendahara dalam mengelola administrasi dan keuangan lembaga kemahasiswaan.

Kegiatan tersebut menghadirkan dua orang narasumber dan dibuka oleh Ustaz Ahmad Amunir, Lc. selaku Kepala BKK. Dalam sambutannya ia menekankan bahwa seorang sekretaris adalah pusat informasi organisasi dan master file yang menganalisis fail-fail penting organisasi.

Sementara Saharuddin S.Pd., M.Pd.K. yang menjadi narasumber pertama mengatakan bahwa tidak semua orang diberi kesempatan untuk menjadi pendamping seorang pemimpin. Menurutnya, kriteria terbaik seorang pendamping pemimpin adalah yang ahli di bidangnya dan juga ada ketekunan dan amanah dalam dirinya.

“Pendamping itu sangat dibutuhkan terlebih dalam keorganisasian, karena tidak semua pekerjaan dilaksanakan seorang diri. Sekretaris dan bendahara adalah amanah yang wajib untuk dilaksanakan, maka seluruh kegiatan yang dapat membantu pelaksanaan amanah itu bisa jadi juga wajib untuk diikuti,” ungkapnya di Gedung Rektorat Lantai 4, Jumat (10/02/2023).

Sementara itu, Sulkifli Herman, S.S.T., M.E. menjelaskan fungsi bendahara dalam sebuah organisasi sebagai penanggungjawab pemasukan dan pengeluaran. Ia juga dituntut harus mampu memperhitungkan anggaran pendapatan maupun anggaran yang dikeluarkan.

“Bendahara harus menguasai kecakapan untuk melihat kesesuaian pengeluaran dengan kegiatan yang akan diadakan, karena laporan pengeluaran keuangan akan sulit jika dana yang keluar tidak masuk dalam rancangan anggaran,” jelas Bendahara STIBA Makassar tersebut

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan sekretaris dan bendahara dari seluruh lembaga kemahasiswaan di Kampus STIBA Makassar dapat mengelola administrasi dan keuangan lembaga dengan lebih baik dan menghasilkan kegiatan yang berkualitas serta tepat waktu.

Reporter: Dimas Fajar

Loading