(STIBA.ac.id) Makassar – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) STIBA Makassar menggelar Pembukaan Porsani ke-16 bertajuk “Dengan Ilmu dan Perjuangan Kita Raih Kemuliaan”. Acara ini berlangsung di lapangan basket STIBA Makassar, Ahad (28 Mei 2023).

Agenda dimulai dengan sambutan yang penuh semangat dari Ketua Dema STIBA Makassar, Dimas Fajar Ramadan. Dalam sambutannya, ia mendorong semua peserta untuk menjaga dan melestarikan kekuatan jasmani dan rohani.

“Melalui Porsani ini, para mahasiswa dapat menggali berbagai kebaikan. Melalui lomba indoor, kita diingatkan untuk mengulang hafalan Al-Qur’an dan pelajaran yang telah kita peroleh sebelumnya. Sedangkan melalui lomba outdoor, mahasiswa dapat belajar mengatur strategi bermain dengan baik, yang kelak akan bermanfaat saat berada di medan dakwah,” ungkap Dimas.

Acara juga dihadiri oleh Ketua STIBA Makassar, Akhmad Hanafi Lc., M.A, Ph.D. Dalam taujihatnya, Ustaz Akhmad mengapresiasi kreativitas panitia dan berharap kegiatan Porsani kali ini dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa.

“Setiap tahun, Porsani semakin bertambah usianya, dan kreativitas mahasiswa dalam melaksanakan Porsani pun semakin berkembang. Porsani bukanlah akhir dari perjalanan ini, namun merupakan wasilah untuk mencapai tujuan akhir. Untuk mencapai tujuan yang baik, diperlukan pula sarana yang baik untuk mencapainya,” kata Ustaz Akhmad.

Pembukaan Porsani ini diresmikan oleh Ketua DPP Wahdah Islamiyah Bagian Pembinaan Generasi Muda, Ustaz Abdul Kadir, S.T. Dalam sambutannya, ia berharap Porsani dapat menjadi momen silaturahmi antar mahasiswa dan mempererat tali persaudaraan di antara mereka. Ustaz Abdul Kadir juga memberikan apresiasi kepada panitia dan mendorong mereka untuk tetap semangat dalam menyelenggarakan Porsani.

Seremoni memanah yang dilakukan oleh Ketua STIBA Makassar dan Ketua DPP Wahdah Islamiyah Bagian Pembinaan Generasi Muda menandai resmi dibukanya Porsani ke-16 STIBA Makassar.

Acara pembukaan ini semakin meriah dengan berbagai penampilan, termasuk pasukan berkuda, beladiri, nasyid, puisi, tes hafalan Al-Qur’an, dan penampilan yel-yel dari setiap kelas.

Porsani keenam belas diagendakan berlangsung selama dua pekan, mulai dari 28 Mei hingga 9 Juni 2023, dengan dua kategori cabang yang meliputi lomba dalam ruangan, seperti:

  1. Lomba Cerdas Cermat Al-Qur’an
  2. Lomba Hafalan Al-Qur’an
  3. Lomba Hafalan Hadits Arbain An-Nawawiyah
  4. Lomba Hafalan Hadits Kitabul Jami
  5. Lomba Terjemah Muhadharah
  6. Lomba Debat Bahasa Indonesia
  7. Lomba Debat Bahasa Arab
  8. Lomba Pidato Bahasa Indonesia
  9. Lomba Pidato Bahasa Arab
  10. Lomba Baca Kitab Kuning
  11. Lomba Syarhil Quran
  12. Lomba Khat/Kaligrafi
  13. Lomba Cipta Baca Puisi
  14. Lomba Ranking I Nahwu Sharf
  15. Lomba Desain Poster
  16. Lomba Nasyid

Sementara itu, cabang pertandingan di luar ruangan meliputi berbagai olahraga, antara lain:

  1. Sepak Bola
  2. Futsal
  3. Bola Voli
  4. Bola Basket
  5. Sepak Takraw
  6. Badminton
  7. Memanah
  8. Tenis Meja
  9. Lari Estafet
  10. Tarik Tambang

Dalam Porsani keenam belas ini, para peserta akan bersaing dalam beragam lomba ilmiah, seni, dan olahraga untuk memperebutkan gelar juara. Semoga acara ini menjadi ajang yang menginspirasi dan memupuk semangat kompetisi di kalangan mahasiswa STIBA Makassar.

Reporter: Ibnul Mubarak