(STIBA.ac.id) Makassar  – Bidang Akademik STIBA Makassar mengadakan Workshop Dosen Kreatif dengan tema “Dosenku Keren, Profesional, dan Menyenangkan”, Sabtu 16 Safar 1445 H (02/09/2023). Workshop ini dihadiri oleh dosen putra dan putri secara hybrid dengan total jumlah kurang lebih 71 dosen.

Kegiatan ini diadakan sebagai sarana pengembangan diri dosen dan tenaga pengajar, baik bagi dosen baru maupun sebagai sarana upgrading bagi dosen lama. Kegiatan ini menjadi langkah awal untuk memulai tahun akademik dengan semangat dan pembelajaran yang lebih baik.

Kegiatan dibuka dengan prolog singkat dari Waka Bidang Akademik STIBA Makassar, Ustaz Dr. Kasman Bakry, M.H.I., yang juga bertindak sebagai pengarah acara sekaligus ketua panitia kegiatan. Dilanjutkan dengan sambutan dan tausiah singkat dari Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D.

Dalam sambutannya, Ustaz Akhmad Hanafi mengutip sebuah ungkapan, “Materi ajar penting, tapi metode lebih penting dari materi. Metode penting, tapi pendidik lebih penting dari metode. Pendidik penting, namun ruh pendidik jauh lebih penting.”

Ia juga menekankan pentingnya para dosen mengikuti pelatihan ini, mengingat pemateri memiliki pengalaman yang relevan dengan institusi mereka.

Dr. Supriyadi memulai pelatihan dengan mengungkapkan perasaan senangnya bertemu kembali dengan para dosen, terutama mengingat bahwa ia pernah menjadi guru bagi Ustaz Akhmad Hanafi saat masih belajar di Darun Najah.

Workshop ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang sudah dilakukan oleh pihak akademik. Sebelumnya, kegiatan serupa telah diadakan secara terpisah, khusus untuk dosen putri pada awal semester ganjil yang lalu. Kendati workshop kali ini lebih difokuskan pada dosen putra, namun dosen putri juga diberi kesempatan untuk mengikuti materi secara online melalui platform Zoom.

“Tema yang kita angkat dalam pelatihan ini adalah bagian dari pengembangan dosen, yang merupakan salah satu faktor penentu dalam akreditasi. Namun, penting untuk diingat bahwa pengembangan dosen bukan hanya terkait dengan akreditasi. Keterampilan dosen dalam berinteraksi dengan mahasiswa sangat penting, karena bagaimana dosen dapat menarik minat mahasiswa untuk belajar juga menjadi hal yang sangat vital,” ujar Dr. Supriadi.

Materi pelatihan dibagi menjadi tiga sesi:

1. Brainstorming persiapan mengajar.

2. Sosialisasi dan pelatihan format RPS terbaru berbasis OBE (Outcome Based Education).

3. Sistem evaluasi dan penilaian mahasiswa yang dikemas dalam bentuk pembelajaran aktif.

Pelatihan ini dimulai dengan memberikan tugas kepada peserta untuk brainstorm dengan kelompok peserta yang bertahap (diskusi efektif yang dicontohkan dalam pelatihan) untuk mengurai pertanyaan, “Apa yang Anda lakukan untuk persiapan mengajar?” Diskusi tersebut kemudian disampaikan oleh setiap kelompok melalui presentasi berformat PPT yang telah dipersiapkan oleh masing-masing kelompok.

Selain itu, mereka diberikan pelatihan langsung mengenai RPS baru berbasis OBE dan strategi pembelajaran aktif.

Pelatihan diakhiri dengan sesi evaluasi pembelajaran dan penilaian, yang disajikan dalam format pembelajaran aktif, serta pemaparan strategi pembelajaran. Para peserta diberikan artikel terkait materi dalam bentuk jurnal untuk dibaca, dan kemudian semua peserta terlibat dalam diskusi kelompok untuk membahas hasil diskusi mereka yang dicatat pada kertas karton Manila. Selanjutnya, pemateri memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk menjelaskan hasil diskusi mereka, yang diwakili oleh peserta yang dipilih secara acak oleh peserta sebelumnya. Pada sesi penutupan, pemateri memberikan penjelasan tambahan mengenai strategi pembelajaran.

Workshop ini diadakan di Ruang Rapat Lantai 4 Rektorat untuk dosen putra, sementara untuk dosen putri melalui platform Zoom. Acara berlangsung dari pukul 08.00 hingga 15.00 Wita.

Reporter: Irsyad Rafi’

Loading