(STIBA.ac.id) Makassar – Kemampuan mengurus jenazah merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap muslim, termasuk mahasiswa STIBA Makassar. Hal ini karena mengurus jenazah merupakan salah satu ibadah yang hukumnya fardu ain dan merupakan kebutuhan yang vital dalam masyarakat kita.
Merespons kebutuhan ini, Departemen Diklat Dema STIBA Makassar mengadakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah pada hari Jumat, 13 Oktober 2023 dan dihadiri lebih dari 40 peserta. Pelatihan ini direncanakan untuk diadakan secara rutin setiap tahun untuk terus meningkatkan dan memperbaiki kemampuan mahasiswa dalam mengurus jenazah.

Pemateri yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah Ustaz Abdullah bin Ubaidillah, alumni Markaz Dakwah Ma’had Al-Birr tahun 2010. Selain itu, ia juga adalah seorang pembimbing dalam pelatihan-pelatihan penyelenggaraan jenazah di DPD Wahdah Islamiyah Makassar.

Pada pelatihan ini, peserta diajarkan tentang tata cara memandikan, membungkus, dan menyalati jenazah secara lengkap dan benar. Peserta juga diajarkan tentang hal-hal teknis dalam mengurus jenazah mulai dari meninggalnya seseorang hingga perhatian terhadap persoalan kebersihan, termasuk bagaiamana menyiapkan pembungkus, kain kafan, dan menyalati jenazah.

“Di antara dua hasil yang harus dikembangkan oleh mahasiswa STIBA Makassar adalah kemampuan menjadi praktisi dan pendidik,” ungkap Ustaz Ridwan dalam kata sambutannya di awal acara. Kegiatan ini berlangsung selama tiga jam dan diadakan di lantai 2 Masjid Kampus STIBA Makassar.

Reporter: Abi Sarwan

Loading