(STIBA.ac.id) Makassar –  Sejak 7 Oktober 2023, gelombang kekerasan merenggut ribuan nyawa, menyebabkan puluhan ribu orang terluka, termasuk anak-anak yang tak bersalah di Gaza Palestina. Sebagai respons atas keadaan darurat ini, Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar melakukan langkah proaktif dengan menggalang donasi kemanusiaan untuk Palestina.

Donasi diterima melalui rekening resmi IKA STIBA Makassar, yang saat ini telah berhasil mengumpulkan total donasi sebesar Rp60.192.089. Dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui Wahdah Inspirasi Zakat, sebuah lembaga filantropi yang akan mendistribusikan bantuan secara langsung ke Palestina.

Tidak hanya melibatkan alumni dan donatur, IKA STIBA Makassar juga menjalin kemitraan dengan Civitas Akademik STIBA Makassar, khususnya melalui bagian Zakat Infak Sedekah Wakaf (Ziswaf) dalam upaya penggalangan dana. Selain mengumpulkan dana, IKA juga menyelenggarakan kegiatan Sepekan Bersama Palestina.

Kegiatan tersebut berupa taklim khusus yang membahas isu-isu seputar Palestina, diadakan setiap Magrib-Isya pada tanggal 6-10 November 2023. Antusiasme dari civitas akademik STIBA Makassar, serta dukungan penuh dari seluruh kaum muslimin di sekitar STIBA, menunjukkan nilai positif dari upaya kemanusiaan ini.

Reporter: MuhammadY