(STIBA.ac.id) Makassar – Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar mempersembahkan Seminar Ilmiah sebagai puncak dari rangkaian acara Muslimah’s Expo pada Ahad, 28 Rabiulakhir 1445 H (12/11/2023) di Pena Hall, Lantai I, Gedung Graha Pena Makassar. Seminar ini mengangkat tema “Eksistensi Generasi Z sebagai Penggerak Dakwah di Era Society 5.0.”

Acara seminar ini dihadiri oleh 479 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari SMP, SMA, hingga mahasiswi dari berbagai universitas di Makassar. Dua pemateri utama yang dihadirkan adalah Ustazah Kurnaemi Anita, S.T., S.H., M.E. dan Ustazah Fauziah Ramdani, S.Sos., M.Si., keduanya merupakan penulis berpengalaman dengan karya-karya tulis yang telah dihasilkan. Selain itu, Andi Amriana, S.Sos., M.M., hadir sebagai pembicara dalam sesi Sharing Inspiring.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia, Azizah Hidayat, dan sambutan dari Pembantu Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, yaitu Ustazah Sartini Lambadjo, Lc., S.H., M.H.

“Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan kita dapat menjadi literat yang tidak hanya eksis di media sosial, tetapi juga memiliki peran dalam membangkitkan khazanah generasi Rasulullah dan generasi ulama terdahulu. STIBA dengan memperhatikan fenomena yang terjadi dalam kalangan muslimah, berkomitmen untuk berperan serta dan berupaya mengembalikan ciri khas umat, serta memberikan edukasi kepada muslimah tentang pentingnya budaya literasi, budaya membaca, menulis, dan menganalisis,” ujar Ustazah dalam sambutannya.

Pemaparan materi yang disampaikan oleh Ustazah Kurnaemi membahas tentang pentingnya literasi dalam dakwah untuk memperkuat solidaritas umat Islam. Ustazah menekankan bahwa dunia literasi tidak terlepas dari dunia membaca dan menulis yang sudah ada sejak zaman Rasulullah. Ilmu-ilmu yang kita peroleh hingga saat ini merupakan hasil perjuangan para sahabat dalam menjaga ilmu dengan menuliskannya. Oleh karena itu, dalam Islam terdapat konsep yang disebut “sanad” untuk menjaga nilai keilmiahan dari pesan yang disampaikan.

“Dakwah literasi bersifat intensif. Keunggulannya menjadi penyebab kita meraih pahala yang banyak. Jika apa yang kita tulis berupa dakwah literasi, maka ini akan menjadi bentuk dakwah yang berkelanjutan hingga akhir zaman, seperti dalam konsep multilevel marketing. Jangan bicara peradaban jika kita tidak gemar membaca dan menulis, karena peradaban dimulai dari kegiatan membaca dan menulis,” ujarnya di akhir materi.

Setelah pemaparan materi pertama, acara dilanjutkan dengan sesi sharing inspiring bersama Andi Amriana, S.Sos., M.M. Dalam sesinya, ia membahas tentang kondisi perpustakaan setelah pandemi. Menurutnya, statistik pengunjung mengalami penurunan, sehingga pihak perpustakaan perlu memberikan solusi berupa saran, prasarana, dan fasilitas yang lebih baik. Khususnya dalam menghadapi generasi Z, perpustakaan harus memberikan inovasi baru untuk meningkatkan semangat membaca dengan memahami minat dan kegemaran para pemuda.

“Generasi Z cenderung menyukai hal-hal yang bersifat visual. Oleh karena itu, setiap perpustakaan perlu memfasilitasi sarana dan prasarana yang sesuai dengan kegemaran mereka, menggunakan teknologi sebagai alat bantu. Perpustakaan juga harus memiliki inovasi dan koneksi yang luas dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dan lomba,” ungkap Pustakawan Madya Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

Pemateri terakhir, Ustazah Fauziah atau yang akrab disapa Ustazah Zhee, membahas tentang membangun branding dakwah melalui literasi di era Society 5.0. Di awal sesinya, Ustazah menyemangati peserta dan mengingatkan tentang konflik yang sedang terjadi di Palestina. Selanjutnya, ia mengulas mengenai branding dan upaya-upaya dalam mencitrakan nilai-nilai dakwah. Ustazah membahas tentang branding dakwah Rasulullah dan tantangan dakwah yang dihadapi di era Society 5.0, di tengah masyarakat yang tengah berlomba-lomba untuk eksis, materialisme, serta pemuda yang apatis dan masyarakat yang cenderung individualistis.

“Karakteristik dari generasi Z adalah sikap apatis, meskipun berada dalam lingkungan yang baik tetapi masih terdapat kecenderungan untuk tidak peduli. Hal ini disebabkan oleh gempuran media sosial yang memiliki pengaruh yang signifikan. Kita hidup dalam sebuah komunitas yang dapat membuat kita tetap eksis dalam beraktivitas, dengan mencitrakan hal-hal yang positif, bukan hanya demi konten yang mengenyampingkan nilai-nilai moral. Proses branding diri kita seharusnya tidak hanya untuk popularitas semata, melainkan untuk mengembangkan dakwah kita,” ujar penulis buku Muslimah Anti Viral tersebut.

“Berdakwah di era Society 5.0, di mana penerapan teknologi canggih semakin nyata, mengharuskan kita untuk berdakwah dengan bijaksana menggunakan teknologi informasi, agar tidak menimbulkan dampak negatif. Untuk menciptakan masyarakat yang melek literasi, kita harus menjauhkan diri dari sikap apatis terhadap perkembangan literasi. Ingatlah, cara menghancurkan suatu bangsa tidak perlu dengan merusak atau membakar rumahnya, tetapi dengan menjauhkannya dari dunia literasi,” tambahnya di akhir sesi.

Di pengujung acara, panitia mengumumkan para pemenang Musabaqah Muslimah’s Expo 2023 yang telah berlangsung selama empat hari di Aula Aisyah Kampus Putri STIBA Makassar. Acara ini diikuti oleh 50 peserta dari 5 cabang perlombaan, meliputi Perlombaan Penulisan Esai, Debat Ilmiah, Desain Poster, Konten Bedah Buku, dan Lomba Cepat Tepat Literasi.

Berikut adalah daftar pemenang musabaqah dari juara I, II, dan III:

Musabaqah Penulisan Esai:

1. Henny Ramdani (STIBA Makassar)

2. Nur Aqilah Asyam Dzakirah (STIBA Makassar)

3. Munifa Maghfirah Fani (SMAN 12 Makassar)

Musabaqah Desain Poster:

1. Nurhidayah Asgar (Universitas Hasanuddin)

2. Aini Aisyah Asbar (STIBA Makassar)

3. Kurnia Dwi Lestari (STIBA Makassar)

Musabaqah Konten Bedah Buku:

1. Fatimah Az-Zahra Idris (STIBA Makassar)

2. Nurlaila Wayolo (STIBA Makassar)

3. Cahyu Cahyani (STIBA Makassar)

Musabaqah Debat Ilmiah:

1. Semester V Prodi Perbandingan Mazhab STIBA Makassar

2. Semester I Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIBA Makassar

3. Semester VII Prodi Perbandingan Mazhab STIBA Makassar

Musabaqah Cepat Tepat Literasi:

1. Semester V Prodi Perbandingan Mazhab STIBA Makassar

2. Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIBA Makassar

3. Semester I Prodi Pendidikan Bahasa Arab STIBA Makassar

Reporter: Tim Media dan Pers Putri

Loading