(STIBA.ac.id) Makassar –  Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Makassar telah sukses melahirkan ribuan alumni sejak berdiri lebih dari 20 tahun yang lalu. Prestasi mereka tersebut tercermin dalam banyaknya kontribusi positif di seluruh Indonesia.

Menurut Ketua Ikatan Alumni STIBA Makassar, Muhammad bin Yusran, S.H., M.H., berdasarkan data terbaru, banyak alumni STIBA yang aktif berkiprah dan mengabdi di berbagai sektor, khususnya dalam organisasi Wahdah Islamiyah. Dari 36 Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) sebanyak 15 di antaranya adalah alumni STIBA. Begitu pula, lebih dari dua puluh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) juga berasal dari almamater ini.

“Tak hanya itu, sejumlah alumni STIBA juga menempati posisi strategis di Dewan Pengurus Pusat (DPP), termasuk Ustaz Syaibani Mujiono yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Wahdah Islamiyah. Mayoritas dari mereka terlibat dalam dunia pendidikan. Mereka memegang peran penting sebagai Kepala Sekolah (Pondok), pembina, guru, muhaffizh, dan sebagainya,” ujar Muhammad.

Pada acara Pra-Mukernas XVI Wahdah Islamiyah, Ustaz Ilswar Alsi mengungkapkan bahwa di Sulawesi Tenggara, tujuh orang Ketua Kaderisasi, empat orang Ketua DPD, dan tiga Ketua Yayasan merupakan alumni STIBA.

Pemimpin Umum Wahdah Islamiyah, Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. menyatakan kebanggaannya terhadap alumni-alumni institusi pendidikan tinggi yang dirintisnya bersama enam alumni Universitas Islam Madinah tersebut.

“Alumni STIBA adalah para pahlawan yang patut kita banggakan, kontribusinya terlihat dalam berbagai lapisan masyarakat,” ungkapnya dalam Pra-Mukernas XVI Wahdah Islamiyah, Rabu (15/11/2023).

Keberhasilan STIBA Makassar dalam membentuk para dai dan pemimpin berkualitas menjadi cermin keunggulan sistem pembinaan di institusi pendidikan ini. Alumni-alumni tersebut tidak hanya berprestasi dalam dunia dakwah, tetapi juga memberikan dampak positif dalam pembangunan masyarakat melalui organisasi kemasyarakatan Islam.

Loading