(STIBA.ac.id) Makassar – Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mulai dilaksanakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) berkolaborasi dengan Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar tahun ini. Acara pelepasan peserta PKM secara resmi diselenggarakan di Masjid Anas bin Malik, Kamis (07/12/2022). Program yang diikuti oleh lebih dari 52 peserta ini, tidak hanya dianggap sebagai cara untuk mengaplikasikan dan menyampaikan ilmu yang telah dipelajari, tetapi juga sebagai agenda untuk memperkenalkan mahasiswa pada kegiatan dakwah di masyarakat dan mendorong keterlibatan aktif dalam pembinaan kemasyarakatan.

Ustaz Muhammad Taufan Djafry, Lc., M.H.I., selaku Kepala Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan, menyampaikan bahwa pengabdian ini dikhususkan untuk mahasiswa semester tujuh dan beberapa mahasiswa lainnya yang telah melalui prosedur administrasi yang telah ditetapkan.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua STIBA Makassar Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. Dalam tausiahnya, ia menyampaikan harapannya kepada mahasiswa semester akhir yang menjadi peserta utama untuk melaksanakan program tersebut dengan penuh tanggung jawab, meskipun mereka memiliki kesibukan untuk menyelesaikan tugas akhir.

“Anak-anakku sekalian, orang yang sibuk akan lebih mampu mengatur waktu sebaik-baiknya ketika tambah disibukkan, dan itu terbukti. Justru orang yang malas, biasanya tidak banyak memberikan manfaat ketika diberikan tugas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ustaz Akhmad juga mengungkapkan cita-cita besar STIBA dengan adanya progran PKM tersebut yang tahun ini menyasar Kecamatan Manggala dan sekitarnya.

“Cita-cita kita ke depan, kita ingin kawasan Manggala ini menjadi kawasan yang memiliki nilai-nilai keislaman. Saya targetkan, nanti ketika ada yang masuk Manggala, tidak akan melihat lagi wanita yang tidak pakai jilbab, dan kita berharap suatu saat semua toko akan tutup saat azan berkumandang,” pungkasnya.

Reporter: Muh. Akbar

Loading