(STIBA.ac.id) Makassar – Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ustaz Rahmat Badani Tempo, Lc., M.A., melantik secara resmi seluruh pengurus Lembaga Kemahasiswaan STIBA Makassar, Kamis, 23 Jumadilawal 1445 H (07/12/2023). Proses pelantikan ini dirangkaikan dengan pembacaan Surat Keputusan penetapan pengurus Lembaga Kemahasiswaan STIBA Makassar oleh Ustaz Agus Miranto, S.H., selaku staf Bagian Kemahasiswaan.

Pascapelantikan, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa STIBA Makassar Alfhabean Mahdani menyampaikan sepatah kata sambutan untuk seluruh mahasiswa dan khususnya para pengurus LK. Dalam orasinya, ia menegaskan bahwa amanah yang mereka terima merupakan pilihan Allah, bukan kebetulan semata. 

“Amanah diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kita di sisi Allah. Mari kita menjadikan jabatan yang diemban sebagai wasilah untuk mendapatkan naungan Allah di akhirat kelak,” ujarnya.

Lebih lanjut, mahasiswa asal Lampung tersebut menyoroti peran strategis Lembaga Kemahasiswaan (LK) sebagai wadah pembentukan karakter, belajar bagaimana mengatur waktu dan cara mengatasi masalah umat setelah menyelesaikan kuliah nanti. Menurutnya, LK di STIBA bukan hanya tempat untuk mengembangkan diri, tetapi juga sebagai sarana untuk menempa diri menjadi individu yang lebih baik.

Ketua STIBA Makassar Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. yang turut hadir bersama Ketua Senat STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. menyampaikan tausiah kepada pengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang baru dilantik. Dalam pandangannya, pelantikan ini bukan sekadar seremonial, tetapi merupakan bagian penting dari proses pembinaan aktivitas mahasiswa di STIBA.

Ustaz Akhmad menekankan bahwa setiap nama yang disebutkan dalam Surat Keputusan (SK) pengurus LK harus siap dan tanggap untuk menjalankan amanah masing-masing. Ia juga berpesan kepada pengurus LK untuk menjadikan LK sebagai ajang untuk memaksimalkan fungsinya sebagai mitra STIBA dalam pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan. 

Ketua STIBA juga menyoroti pentingnya kolaborasi antarpengurus LK. 

“Semua LK, dipimpin Ketua umum Dema dan dibimbing Senat Mahasiswa bekerja sama, kolaborasi, saling menguatkan. Tidak boleh ada LK yang berdiri secara parsial, semuanya harus berjalan bersama untuk mencapai tujuan yang lebih besar,” ungkap Ustaz Akhmad.

Selanjutnya, mudir juga menyampaikan harapan agar keberadaan LK tidak hanya dirasakan secara internal oleh institusi, melainkan juga oleh pihak eksternal. Pengurus LK diharapkan dapat berbaur dengan masyarakat sekitar dan menciptakan kegiatan yang memberikan manfaat nyata bagi lingkungan sekitar. 

Berikut 12 Lembaga Kemahasiswaan STIBA Makassar yang dikukuhkan beserta masing-masing ketuanya:

  1. Senat Mahasiswa (Sema): Dimas Fajar Ramadhan
  2. Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema): Alfhabean Mahdani 
  3. UKK Keasramaan: Khaerul
  4. UKK Biro Rumah Tangga Masjid (BRTM): Ikram Hidayatullah
  5. UKK Pusat Pengembangan dan Pengawasan Bahasa (P2B): A. Muh. Aras A.
  6. Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbandingan Mazhab (HMPS Permaz): Nursal
  7. UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala): M. Agus Suprianto
  8. UKM Kesehatan: Jundi Pangerang
  9. UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (Kalam): Muhammad Farhan
  10. UKM Olahraga: Muhammad Dionnafandi
  11. UKM Raudhatul Huffaazh: Mufadhal
  12. UKM Lingkungan Hidup: Zulhajir

Reporter : Muh. Fajar Saharuddin

Loading