(STIBA.ac.id) Makassar – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STIBA Makassar periode 1445-1446 H/2023-2024 M untuk pertama kali menggelar forum serap aspirasi mahasiswa. Bertempat di Masjid Anas bin Malik STIBA Makassar, forum ini mengangkat tema menarik, yaitu “Mau Dibawa ke Mana Perahu Ini Berlabuh?”

Acara yang diselenggarakan pada Jumat, 25 Jumadil Awwal 1445 H (8/12/2023 M) ini melibatkan seluruh ketua lembaga kemahasiswaan (LK), yang berjumlah 12 LK sebagai narasumber. Tak hanya itu, seluruh mahasiswa juga diajak untuk berpartisipasi dalam menyalurkan aspirasinya. Acara tersebut dimoderatori langsung oleh ketua senat mahasiswa (SEMA) STIBA Makassar, Dimas Fajar Ramadhan.

Forum ini bertujuan sebagai wadah untuk menampung dan menyerap segala aspirasi mahasiswa terhadap lembaga-lembaga kemahasiswaan di kampus STIBA Makassar. Selain itu, acara ini juga menjadi tahap awal perkenalan terhadap lembaga-lembaga kemahasiswaan untuk periode terbaru.

Masing-masing ketua lembaga kemahasiswaan diberikan kesempatan untuk memberikan gambaran singkat mengenai visi dan misi organisasi ke depan. Sementara itu, mahasiswa diberikan peluang untuk menyampaikan kritik dan saran terhadap setiap lembaga kemahasiswaan.

Dalam pembukaannya, Dimas menyampaikan bahwa hakikat dari lembaga kemahasiswaan terletak pada perannya sebagai wasilah dan fasilitator dalam mengembangkan potensi mahasiswa.

“Lembaga kemahasiswaan adalah mitra dari idarah untuk mewujudkan visi dan misi institusi STIBA, sekaligus menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan menyampaikan inovasi demi bersama-sama memajukan STIBA,” ujarnya.

Pada akhir forum, Dimas mengajak mahasiswa untuk mencontoh sebatang pohon kurma, simbol produktivitas dan kebaikan yang selalu memberikan manfaat.

Kegiatan serap aspirasi ini mendapat antusias tinggi dari mahasiswa, yang dengan lugas menyampaikan saran, kritik, dan permasalahan yang dihadapi. Harapannya, aspirasi mahasiswa ini dapat menjadi panduan bagi lembaga kemahasiswaan untuk memaksimalkan program kerja mereka.

Reporter: Andi Baharil Anwar

Loading