(STIBA.ac.id) Makassar –  Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D., memberikan tausiah kepada para pelayat yang turut hadir dalam prosesi pemakaman ayahanda salah seorang dosen STIBA Makassar. Dalam momentum tersebut, Ustaz Akhmad memanfaatkannya untuk merenungkan makna kematian dan menekankan tanggung jawab yang harus dipikul oleh anak-anak terhadap orang tua yang telah berpulang.

Dalam tausiahnya, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta mengingatkan anak-anak dari almarhum Mustamin untuk menjadikan doa sebagai amalan utama yang sangat dinantikan oleh setiap orang yang berpulang. Ia juga menekankan pentingnya melanjutkan warisan kebaikan yang ditinggalkan almarhum, menjalankan wasiat-wasiat kebaikan, dan meneruskan amalan-amalan yang selalu diupayakan selama hidupnya.

Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta memberikan pelajaran berharga kepada seluruh pelayat, mengingatkan bahwa kepergian almarhum menjadi pengingat akan ketentuan hidup dan mati. Dengan penuh harap, beliau berdoa semoga segala kebaikan yang telah dilakukan almarhum mendapatkan balasan yang baik di sisi Allah, dan memohon agar setiap kesalahan dan kekhilafan yang mungkin terjadi diampuni oleh-Nya.

“Hari ini, kita menyaksikan almarhum menyelesaikan tugasnya di dunia ini. Semoga amalan-amalan baiknya membawa beliau menuju husnul khatimah. Ini menjadi pengingat bahwa suatu hari giliran ini akan tiba bagi kita semua, dan kita perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” ujar Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta di Pekuburan Wahdah Islamiyah Baqi’ Mocongloe, Maros, Rabu (27/12/2023).

Keluarga, sahabat, dan rekan-rekan yang turut serta dalam prosesi pemakaman ini diingatkan akan kepastian waktu yang telah ditentukan oleh Allah. 

“Segala sesuatu pasti telah ditetapkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka itu pada yang seperti inilah hendaklah kita mempersiapkan diri kita. Kalau hari ini kita mengantarkan beliau, kita tidak tahu besok, lusa, pekan depan, bulan depan, tahun depan, kita yang berada pada posisi yang dihadiri pemakaman kita. Maka mudah-mudahan pada saat yang akan datang itu kita semuanya telah bersiap dan telah mempersiapkan bekal yang terbaik untuk menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala,” tambahnya.

Ustaz Akhmad juga menekankan pentingnya berjihad dalam makna sebenarnya, yakni berjihad dalam berbakti kepada kedua orang tua.

“Dalam perjalanan hidup ini, jangan sia-siakan kesempatan untuk berjihad yang sebenarnya, berjihad bakti kepada kedua orang tua kita. Hari ini, anak-anak almarhum menangisi kepergian beliau karena salah satu pintu surga bagi mereka telah ditutup. Maka yang masih memiliki orang tua, maka terhadap keduanyalah kita berjihad. Jangan sampai setelah keduanya sudah meninggal dunia, atau salah satu dari keduanya, baru penyesalan itu datang. Dan pasti akan datang penyesalan itu ketika kita sudah tidak mampu lagi berbakti kepada kedua orang tua,” ujar Ustaz Akhmad Hanafi.

Dalam tausiahnya, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta juga mengangkat pelajaran dari sunah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang menyatakan bahwa berbakti kepada kedua orang tua adalah bentuk jihad ibadah yang mulia. Ia menekankan bahwa peluang besar masih ada bagi mereka yang masih memiliki orang tua, dan saat ini adalah waktunya untuk memanfaatkannya dengan berbakti.

Ustaz Akhmad mengajak semua yang hadir untuk mendoakan almarhum, memohonkan ampunan kepada Allah, dan meminta agar beliau diberikan kekuatan dalam menghadapi ujian di kubur.

“Mudah-mudahan almarhum dengan kebaikan dan amal salehnya dapat menjawab semua pertanyaan di sana. Mari bersama-sama mendoakan yang terbaik untuk almarhum,” pungkasnya.

Loading