(STIBA.ac.id) Makassar –  Seorang mahasiswa menyadari pentingnya pendidikan sebagai investasi untuk meraih masa depan yang lebih baik. Beasiswa menjadi salah satu pintu gerbang untuk memperoleh akses pendidikan tinggi, yang sering kali menjadi kendala bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. Tak heran, peluang-peluang beasiswa ini disambut baik oleh para mahasiswa sebagai solusi untuk meringankan beban finansial mereka, sehingga mereka dapat fokus pada pembelajaran dan pengembangan diri tanpa terbebani oleh kekhawatiran ekonomi.

Sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi mahasiswa berpotensi namun kurang mampu secara ekonomi, Program KIP-Kuliah terus memberikan dampak positif. Program ini merupakan salah satu Program Strategis yang berhasil diwujudkan pemerintah.

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) turut berperan dalam mendukung program ini, dan STIBA Makassar sebagai bagian dari PTKIS berhasil memperoleh beasiswa KIP-Kuliah bagi sejumlah mahasiswanya. Total 48 mahasiswa STIBA Makassar, terdiri dari 12 mahasiswa semester V, 12 mahasiswa semester III, dan 25 mahasiswa semester I, berhasil menjadi penerima Beasiswa KIP-Kuliah.

Pada bulan Desember 2023, para mahasiswa ini secara resmi menerima beasiswa KIP-Kuliah untuk periode pencairan Semester Ganjil Tahun Akademik 1445-1446 H/2023-2024 M dari pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Diktis Kemenag).

Irgi Dwi Susanto, salah satu penerima KIP-Kuliah STIBA Makassar, menyampaikan rasa syukurnya, “Alhamdulillah dengan adanya Program KIP-Kuliah saya merasa sangat terbantu untuk melanjutkan pendidikan saya di tingkat sarjana. Saya berharap ke depannya ada lebih banyak lagi mahasiswa yang bisa terbantu dengan program ini, terutama di kampus kami tercinta,” ujar mahasiswa asal Lampung Sumatera Selatan tersebut.

Program ini, sebagai transformasi dari beasiswa Bidik Misi, telah memberikan manfaat yang signifikan bagi sebagian besar kampus, terutama mahasiswa di seluruh Indonesia.

Reporter: Irwansyah

Loading