(STIBA.ac.id) Maros – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) STIBA Makassar bekerja sama dengan pemerhati pembinaan masyarakat pelosok dalam program “Pelita Negeri.” Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan waktu liburan semester dengan memberikan pengabdian kepada masyarakat di daerah pedalaman.

Kegiatan “Pelita Negeri” ini berlangsung sejak awal liburan semester hingga pekan terakhir masa liburan. Selama program ini, anggota Mapala STIBA tidak hanya berkontribusi di daerah pelosok tetapi juga membuat laporan berkala tentang aktivitas pengabdian mereka di daerah masing-masing.

Program “Pelita Negeri” ini tidak hanya mengutamakan pengabdian masyarakat, tetapi juga menjalin hubungan yang baik antara anggota Mapala STIBA dan masyarakat umum. Selama pelaksanaan program, berbagai kegiatan pembinaan seperti tarbiyah, pengajaran tata cara salat yang benar, perbaikan bacaan Al-Qur’an (tahsin), dan lain-lain telah dilakukan.

Secara khusus, empat anggota Mapala STIBA ditugaskan sebagai relawan pelosok bekerja sama dengan Yayasan Jendela Pelosok Negeri (YJPN). Mereka ditempatkan di Kampung Pattung, Dusun Bonto-Bonto, Desa Bonto Somba, Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Maros. Salah satu program unggulan di tempat ini adalah membantu pemerintah daerah dalam mengajar anak-anak yang putus sekolah akibat jarak sekolah yang jauh dari tempat tinggal mereka.

“Program ‘Pelita Negeri’ merupakan inisiatif baru dari UKM Mapala STIBA Makassar. Kami berharap program ini akan menjadi wadah bagi mahasiswa, khususnya anggota Mapala untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat, menjadi penerang di tengah gelapnya kehidupan,” ungkap Agus Suprianto, Ketua Mapala.

Ustaz Syandri, Lc., M.Ag., selaku pembina Mapala dan juga pembina Yayasan Jendela Pelosok Negeri, berharap program “Pelita Negeri” dapat menjadi sumber cahaya, memberikan petunjuk bagi yang terperangkap dalam kehidupan kelam, dan menjadi pilar dalam membawa umat menuju jalan kebaikan. Ia juga mendorong anggota Mapala STIBA untuk terus berkhidmat kepada masyarakat sebagai salah satu tujuan utama pembentukan UKM ini.

Reporter: Muh. Alfalak

Loading