(STIBA.ac.id) Makassar – Ketua STIBA Makassar Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. menyampaikan sambutan dalam Kuliah Perdana Semester Genap TA. 1444—1445 H/2023—2024 M, Senin (29/01/2024). Ustaz Akhmad mengatakan bahwa kuliah perdana kali ini mengambil tema tentang peran umat Islam dalam menentukan arah politik di Indonesia. Hal ini diharapkan mampu memberikan semangat dan wawasan baru bagi Civitas Academica STIBA Makassar terkait situasi politik saat ini, termasuk pemilihan presiden dan anggota legislatif.

Dalam terminologi Syariah, menurut Ustaz Akhmad, ada tiga kata penting yang harus hadir dalam setiap langkah perubahan ke arah yang lebih baik. Pertama, “hijrah,” yang berarti berpindah dari yang dilarang oleh Allah menuju apa yang disyariatkan dan dicintai-Nya.

وَمَن يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللّهِ يَجِدْ فِي الأَرْضِ مُرَاغَماً كَثِيراً وَسَعَةً

Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak.” (QS. An-Nisaa’: 100).

Hijrah mengajarkan bahwa bumi Allah ini luas dan penuh berkah, sehingga perubahan menuju kebaikan selalu memungkinkan.

Terminologi kedua menurut Wakil Ketua Dewan Syariah ini adalah “ishlah,” yang mengacu pada perbaikan dan reformasi. Umat Islam tidak boleh diam dan hanya menjadi penonton. Mereka harus bergerak, berusaha melakukan perbaikan, dan mendorong perubahan yang positif dalam masyarakat.

“Jadi kalau kita ingin menjadi lebih baik maka kita harus melakukan perbaikan, reformasi, melakukan ishlah. Tidak boleh kita tinggal diam. Tidak boleh hanya jadi penonton. Ia harus membuat gerakan ishlah. Itulah dakwah, itulah nasihat-menasihati, itulah amar akruf nahi mungkar, dan seterusnya,” ujar Ustaz Akhmad.

Terakhir, ada “taghyir” yang berarti perubahan. Ini menunjukkan pentingnya beradaptasi dengan zaman dan situasi yang berubah, sambil tetap memegang teguh nilai-nilai Islam.

Ustaz Akhmad mengutip ayat ke-11 dalam Surat Ar-Ra’d,

إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

“Jadi semuanya itu adalah terminologi syariat yang ada dalam Al-Qur’an, dan semuanya itu mengisyaratkan secara kuat agar kita menuju ke arah yang lebih baik, tetapi harus hijrah, harus ishlah harus taghyir!,” tegasnya.

Ia menutup sambutannya dengan mengutip pernyataan dari Al Imam Ibnu Aqil al-Hambali,

اَلسِّيَاسَة مَا كَانَ مِنَ الْأَفْعَالِ بِحَيْثُ يَكُونُ النَّاسُ مَعَه أَقْرَبَ إلَى الصَّلَاحِ وَأَبْعَدَ عَنْ الْفَسَادِ، وَإِنْ لَمْ يُشَرِّعْه الرَّسُولُ صلى الله عليه وسلم وَلَا نَزَلَ بِهِ وَحْيٌ

“Politik (siyasah) adalah semua tindakan, yang dengan itu manusia lebih dekat dengan kebaikan dan semakin jauh dari kerusakan meskipun hal itu belum pernah disyariatkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan tidak diturunkan oleh wahyu.”

“Jadi beliau mengatakan politik Islam itu adalah membawa manusia agar lebih dekat kepada kesalehan. Jadi kalau tidak bisa betul-betul ideal 100% melakukan perbaikan, setidaknya lebih menjauh dari keburukan dan kemudaratan. Bahkan dalam ijtihadnya, terkadang proses politik itu tidak pernah disampaikan dalam wahyu dan tidak pernah diletakkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian beberapa pengumuman dari para wakil ketua terkait bidang masing-masing, Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ustaz Rahmat bin Badani Tempo, Lc., M.A.,  Wakil Ketua Bidang Umum, Ustaz Musriwan Muslimin, Lc., M.H., Wakil Ketua Bidang Kerja Sama dan Alumni Ustaz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I., dan Kepala Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan yang diwakili oleh Ustaz Sirajuddin Syarif S.Pd.I., S.H., M.H.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pengumuman dosen/asisten dosen teladan yang dibacakan oleh Ketua STIBA Makassar. Tahun ini, Ustaz Ramli, Lc. dan Ustazah Multazimah, Lc., M.H. terpilih sebagai dosen/asisten dosen teladan.

Kemudian untuk tenaga kependidikan teladan diberikan kepada Ustaz Arfan S.S., M.Ag., Sekretaris Program Kaderisasi Ulama, dan Ustazah Sri Ujiana Putri, Lc., S.H., M.H., Pembantu Wakil Ketua Dua, Wakil Kepala Bagian Keuangan, dan Wakil Kepala Bagian Kepegawaian.

Adapun sebagai mahasiswi eladan, jatuh kepada Ruqayyah Azzahra Idris, mahasiswi semester V Prodi  PM yang menjabat sebagai Koordinator Bidang Murajaah UKM Raudatul Hufaazh Putri. Sementara predikat mahasiswa teladan diberikan kepada Khaerul, mahasiswa semester V Prodi PM yang saat ini mengemban amanah sebagai Ketua UKK Keasramaan.

Loading