(STIBA.ac.id) Makassar – Kata “Abah” akhir-akhir ini menjadi begitu akrab dalam komunikasi sosial masyarakat Indonesia, khususnya dalam lingkup keluarga Muslim. Panggilan ini tidak hanya menandakan identitas seorang ayah bagi anak-anaknya, tetapi juga sebagai lambang kasih sayang dan perhatian seorang suami terhadap istrinya.

Kini, panggilan “Abah” semakin menjadi tren, bahkan menjadi sebuah ikon yang diidentifikasikan dengan calon presiden pasangan nomor urut satu pada Pemilu 2024, Anies Rasyid Baswedan. Fenomena ini mencerminkan harapan dan aspirasi banyak kalangan, terutama generasi Z akan sosok pemimpin yang berjiwa “Abah”.

Baca juga: Pendaftaran Mahasiswa Baru STIBA Makassar Sudah Dibuka, Panitia Spill Syarat-Syaratnya: Berani Baca?

Menurut Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D., Ketua STIBA Makassar, seperti diunggah di media sosialnya (08/02/2024), kata “Abah” memiliki akar dari bahasa Arab “Abawa” (أبو), yang mengandung makna mendidik, mengayomi, dan memperhatikan dengan penuh kasih sayang. Penggunaan kata “Abawain” dalam al-Qur’an dan as-Sunnah untuk merujuk kepada kedua orang tua juga menggambarkan tanggung jawab bersama dalam memberikan pendidikan dan perhatian kepada anak-anak.

Lebih lanjut, Ustaz Akhmad menyebutkan bahwa sosok “Abah” Anies Baswedan dalam kancah politik nasional dianggap sebagai perwujudan dari impian banyak masyarakat akan pemimpin yang saleh, adil, dan peduli. Sebagai “Abah”, Anies Baswedan diharapkan mampu memimpin dengan memegang teguh nilai-nilai keadilan, welas asih, dan integritas.

“Sebagaimana yang diungkapkan oleh al Hasan al-Basri, seorang ulama tabiin, karakteristik seorang pemimpin yang adil mirip dengan sosok ‘Abah’ yang penuh kasih sayang terhadap anak-anaknya,” kata Ustaz Akhmad.

Kepemimpinan politik di Indonesia kini menantikan kehadiran sosok “Abah” dalam panggung besar bernama negara, yang diharapkan akan membawa
kemakmuran dan kemaslahatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bagi Pembaca yang ingin mendapat penjelasan lebih detail tentang “Abah” langsung dari penulisnya, silakan klik tautan berikut ini:
https://stiba.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru-tahun-akademik-1446-1447-h-2024-2025-m/

Loading